Kompas.com - 20/08/2018, 07:17 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com - Setelah sebelumnya mengungkap tentang rudal balistik terbarunya, kini pemerintah Iran mengumumkan bakal segera memperkenalkan jet tempur baru mereka pada pekan ini.

Dilansir dari AFP, Menteri Pertahanan Amir Hatami mengungkapkan bahwa jet tempur barunya akan diterbangkan untuk pertama kalinya pada peringatan Hari Industri Pertahanan Nasional, Rabu (22/8/2018).

Ditambahkannya, peningkatan misil dan jet tempur dilakukan dalam rangka memperkuat pertahanan demi menghadapi ancaman dari luar, terutama Israel dan AS.

"Prioritas pertama kami adalah kemampuan rudal kami dan kami harus meningkatkannya.. mengingat upaya musuh dalam misil pertahanan," kata Hatami dalam sebuah wawancara televisi pada Sabtu (18/8/2018).

Baca juga: Iran Perkenalkan Rudal Balistik Generasi Terbaru

Diberitakan kantor berita Tasnim, Hatami mengatakan peningkatan program pertahanan Iran didorong akan pengalaman pahit yang pernah diderita negaranya dalam peperangan selama delapan tahun dengan Irak pada 1980-an.

Selain itu, seringnya negara itu mendapat ancaman dari AS dan juga Israel yang mengatakan seluruh opsi masih dipertimbangkan dalam berurusan dengan Republik Islam.

"Kami telah belajar dari pengalaman peperangan (dengan Irak) bahwa kami tidak dapat bergabung pada siapa pun kecuali diri kami sendiri."

"Kami melihat bahwa di mana pun kami tidak mampu, tidak ada yang akan mengasihani kami," tambah Hatami.

Menurut Hatami, saingan regionalnya, Arab Saudi, memiliki anggaran militer terbesar di dunia setelah Amerika dan China.

Sementara Iran, dengan keterbatasan sumber daya yang dimilikinya, pemerintah tetap berkomitmen dalam membangun keamanan negara dengan biaya seminim mungkin.

Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.