Kompas.com - 20/08/2018, 06:16 WIB

DOHA, KOMPAS.com - Pemerintah Qatar menyebut kesempatan bagi warganya untuk menjalankan ibadah haji tahun ini telah tertutup. Doha pun kembali menyalahkan pemerintah Arab Saudi atas kegagalan tersebut.

Pemerintah Qatar mengatakan warganya tidak dapat ambil bagian dalam ibadah tahunan ke Arab Saudi itu karena kedua negara masih terlibat perselisihan diplomatik.

"Tidak ada kesempatan bagi penduduk Qatar untuk dapat melakukan perjalanan haji tahun ini," kata seorang pejabat pemerintah kepada AFP di Doha, Minggu (19/8/2018).

"Pendaftaran jemaah dari Qatar tetap tertutup dan warga tidak dapat memperoleh visa karena tidak adanya misi diplomatik di sana (Saudi)," tambah pejabat tersebut.

Baca juga: Pemerintah Qatar Bantah Larang Warga Berangkat Haji

Pejabat Qatar mengatakan, penutupan perbatasan dan ketiadaan misi diplomatik serta penerbangan langsung antara kedua negara secara efektif berarti tidak ada warga Qatar yang dapat melakukan perjalanan haji.

Sebelumnya, otoritas Arab Saudi mengatakan, siap menyambut kedatangan para jemaah haji asal Qatar.

Di bawah sistem kuota yang diberikan oleh pemerintah Saudi kepada negara-negara asal jemaah haji, seharusnya ada sekitar 1.200 warga Qatar yang dapat melakukan perjalanan haji tahun ini.

Menteri Haji dan Umrah, Muhammad Saleh Benten, pekan lalu menegaskan, pihak kerajaan memastikan bakal memudahkan warga Qatar yang ingin menjalankan rukum Islam kelima.

Warga Qatar, lanjut Benten, dapat mendaftarkan rincian dan melengkapi dokumen mereka di Bandara Internasional King Abdul Aziz di Jeddah.

Sedangkan untuk penerbangan, mereka dapat menggunakan maskapai apa pun kecuali Qatar Airways, yang masih dilarang untuk terbang ke Saudi.

Otoritas Saudi justru menuduh pemerintah Qatar yang mempersulit warganya sendiri dengan memblokir situs web yang dibuat khusus untuk menfasilitasi jemaah haji asal negara teluk itu.

Qatar dan Arab Saudi tengah dalam konflik politik sejak Juni 2017 lalu dengan Riyadh melarang semua penerbangan dari maupun menuju Doha dan memutus hubungan diplomatik serta perdagangan dengan negara tetangganya itu.

Qatar diisolasi oleh Saudi dan negara sekutunya karena dianggap telah mendukung terorisme dengan menjalin hubungan yang terlalu dekat dengan Iran.

Baca juga: Kerajaan Saudi Siap Sambut Jemaah Haji dari Qatar, Asalkan...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.