Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Laki-laki Ditemukan Warga di Dalam Saluran Pembuangan di India

Kompas.com - 17/08/2018, 21:40 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

CHENNAI, KOMPAS.com - Seorang bayi laki-laki yang diperkirakan dibuang begitu dia dilahirkan ditemukan dalam keadaan hidup di saluran pembuangan di India, Rabu (15/8/2018).

Bayi tersebut ditemukan oleh seorang perempuan, yang mendengar suara tangisan dari dalam lubang saluran pembuangan di pinggir jalan distrik Chennai, negara bagian Tamil Nadu.

Perempuan tersebut, yang diketahui hanya bernama Geeta (45), curiga saat diberitahu oleh seorang tukang susu tentang suara dari dalam lubang pembuangan, yang semula dikira berasal dari anak kucing.

Namun saat Geeta mengintip kedalam lubang saluran berdiameter sekitar 30 sentimeter itu, dia melihat sepasang kaki bayi.

Baca juga: Seorang Bayi Meninggal Setelah Disimpan Orangtuanya Dalam Jok Motor

Dia pun menarik dan mengeluarkan sesosok bayi yang masih merah, dengan tali pusat melilit bagian lehernya.

"Saya hanya bertindak spontan. Saat itu ada beberapa orang yang menonton, saya mengintip ke dalam saluran pembuangan dan melihat anak itu di dalam," kata Geeta kepada media lokal.

Begitu dikeluarkan dari dalam lubang, Geeta segera membilas tubuh bayi mungil itu dengan air sebelum dibawa ke rumah sakit Egmore di Kota Valasaravakkam, distrik Chennai, negara bagian Tamil Nadu.

Bayi itu dirawat dan dikatakan petugas medis mengalami masalah pernapasan. Namun dokter berhasil menyembuhkan bayi dan sekarang telah pulih.

Geeta, sang penemu bayi, mengatakan ingin memberi nama bayi itu Suthanthiram yang berarti kebebasan, karena bayi itu ditemukan saat Hari Kemerdekaan India.

"Sangat menyakitkan melihat seorang bayi dibuang seperti itu. Tampaknya orang yang membuang bayi itu sengaja mendorongnya cukup dalam ke saluran pembuangan agar tidak ada yang menemukannya."

"Tali pusatnya dililitkan ke leher bayi itu seperti sengaja diikat agar membunuh anak itu perlahan," kata Geeta.

Pejabat rumah sakit mengatakan bayi itu akan tetap dalam pengawasan pihak rumah sakit sebelum dipindahkan ke panti asuhan.

Baca juga: Pasangan di China Ditahan Usai Jual Bayi secara Online Seharga Rp 137 Juta

Pihak rumah sakit mengatakan telah menerima puluhan permintaan yang meminta untuk mengadopsi bayi itu, setelah video penyelamatannya viral di media sosial.

Petugas kepolisian telah memulai proses penyelidikan, namun hingga kini belum ada tersangka yang diamankan. Demikian dilansir Metro.co.uk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com