Kompas.com - 16/08/2018, 13:49 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Keluarga penumpang maskapai Malaysia Airlines MH370 yang hilang empat tahun lalu, berkumpul di luar Kedutaan besar Malaysia di Beijing, China, pada Kamis (16/8/2018).

Mereka ingin menyerahkan surat yang ditujukan kepada pemerintah Malaysia. Dalam surat itu, mereka meminta agar bisa bertemu dengan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad yang dijadwalkan berkunjung ke China pekan ini.

Mahathir akan tiba di China pada Jumat (17/8/2018) untuk melakukan kunjungan selama lima hari.

Baca juga: Tim Penyidik Belum Temukan Penyebab Raibnya Malaysia Airlines MH370

"Kami meminta Perdana Menteri Malaysia Mahathir, atau perwakilan lainnya untuk bertemu dengan keluarga korban MH370 asal China, selama kunjungan resmi," demikian isi suratnya, seperti dikutip dari AFP.

Kerabat juga mendesak pencarian MH370 terus dilanjutkan, pertemuan bulanan dengan maskapai penerbangan dan pejabat Malaysia, serta meminta penjelasan menyeluruh laporan investigasi terbaru.

"Kami berharap kunjungan Mahathir ke China dapat menyelesaikan masalah terkait MH370," kata Gu Xiufang, yang putranya dan keluarganya berada di pesawat tersebut.

"Kami tidak tahu apa-apa tentang situasinya. Hidup kami berhenti pada 8 Maret 2014," ucapnya.

Seperti diketahui, Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 hilang pada Maret 2014. Pesawat itu mengangkut 239 orang, kebanyakan berasal dari China.

Awal bulan ini, kerabat mengungkapkan kekecawaan mengenai laporan resmi setebal 1.500 halaman yang tidak memiliki petunjung baru mengenai pesawat tersebut.

Dalam terjemahan ke bahasa China, tim investigasi menulis bahwa mereka tidak dapat menentukan penyebab sebenarnya MH370 hilang.

Baca juga: Mahathir: Pencarian MH370 Akan Berlanjut Jika Bukti Baru Ditemukan

Penjelajahan area Samudra Hindia seluas 120.000 km persegi tak menemukan tanda-tanda keberadaan pesawat. Pencarian pesawat yang dipimpin oleh Australia dihentikan pada Januari 2017.

Kemudian, perusahaan eksplorasi dari Amerika Serikat, Ocean Infinity, melanjutkan pencarian di lokasi yang berbeda pada awal tahun ini dan tidak menemukan jejak pesawat atau pun bukti baru.

Hanya tiga puing yang dikonfirmasi merupakan bagian dari MH370, semuanya tersapu hingga pesisir Samudra Hindia barat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.