Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendera Merah Putih Berkibar di Balai Kota San Francisco

Kompas.com - 16/08/2018, 12:20 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Pada Selasa (14/8/2018), pukul 11.00 waktu setempat sebuah sejarah baru ditorehkan ketika bendera Merah Putih berkibar di atas gedung Balai Kota San Francisco, California, Amerika Serikat.

Berkibarnya Sang Saka ini bisa terlaksana atas kerjasama KJRI San Francisco dan kantor wali kota San Francisco dalam rangka menyammbut HUT ke-73 Republik Indonesia.

Acara pengibaran bendera ini dihadiri kepala bidang protokol wali kota San Francisco Charlotte  Schultz dan pelaksana tugas Konsul Jenderal RI Hanggiro Setiabudi.

Baca juga: Pendukung Papua Barat Merdeka Batal Berkemah di Depan KJRI Melbourne

Acara ini juga dihadiri sejumlah pejabat dan tokoh lokal serta 25 orang perwakilan warga Indonesia di San Francisco.

Usai pengibaran bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya di balkon utama gedung wali kota, acara kemudian digeser di International Room kantor wali kota.

Di sana, Charlotte M Schultz mengajak para hadirin mengheningkan cipta dan berdoa bagi korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat yang mengakibatkan ratusan orang meninggal dunia.

"KJRI dan warga Indonesia yang tinggal di San Francisco telah menjadi bagian tak terpisahkan dan ikut memperkaya kota ini sebagai pusat kebudayaan, perdagangan, dan parawisata internasional," ujar Charlotte.

Usai memberi sambutan, Charlotte kemudian memberikan Dokumen Proklamasi dari wali kota San Francisco, London Nicole Breed kepada Hanggiro Setiabudi, mewakili KJRI.

Dokumen itu pada intinya menetapkan 17 Agustus 2018 sebagai "Indonesian-American Friendship and Heritage Day" di San Francisco.

"Hubunga Indonesia dan Amerika Serikat khususnya dengan California Utra dan San Francisco amat baik dan melalui semangat ini, diharapkan hubungan persabatan dan saling pengertian dua negara makin meningkat," ujar Hanggiro dalam sambutannya.

Baca juga: KJRI Marseille Promosikan Pariwisata Indonesia di Kota Toulouse

Hanggiro juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan pemerintah kota San Francisco dalam berbagai kegiatan KJRI di kota tersebut.

"Khususnya penyelenggaraan Indonesia Day di Union Square beberapa tahun lalu. Diharapkan dukungan yang sama bisa tetap diberikan di tahun-tahun mendatang," Hanggiro menegaskan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com