Kompas.com - 16/08/2018, 11:42 WIB

ROMA, KOMPAS.com - Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte, mengumumkan keadaan darurat selama setahun ke depan.

Pemberlakuan status tersebut terjadi pasca-insiden ambruknya Ponte (jembatan) Morandi di Genoa, Selasa (14/8/2018), dan menewaskan 39 orang.

Diwartakan BBC dan Sky News Rabu (15/8/2018), Conte mengatakan pemberlakuan status itu datang dari permintaan Gubernur Liguria, Giovani Toti.

Baca juga: Jembatan Ambruk di Italia, Jumlah Korban Belum Diketahui

Dalam sidang kabinet di Genoa, Conte mengumumkan menyepakati permintaan tersebut. Dia juga berkata menyiapkan dana 5 juta euro, atau Rp 83 miliar.

Nantinya, dana tersebut bakal dipakai untuk keadaan darurat. Selain itu, Conte berujar bakal dilaksanakan hari berkabung nasional.

"Tragedi yang terjadi di masyarakat modern ini sangatlah tak bisa diterima. Pemerintahan ini bakal memastikan tragedi yang sama tak akan terulang," tegas Conte.

10.000 anggota tim penyelamat, termasuk di dalamnya 400 pemadam kebakaran, bekerja untuk melakukan evakuasi di sekitar Morandi.

Khawatir bahwa struktur jembatan yang lain bakal runtuh, pemerintah memutuskan untuk mejauhkan 630 warga yang hidup di sekitar Morandi.

Jaksa Genoa, Francesco Cozzi menyatakan, dia tidak memercayai jika jembatan ambruk tersebut merupakan sekadar kecelakaan.

Saat ini, fokus kejaksaan adalah melihat apakah terdapat kecatatan dalam desain maupun perawatan yang tidak memadai.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Sky,BBC
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.