Kompas.com - 16/08/2018, 08:41 WIB

OTTAWA, KOMPAS.com - Krisis diplomatik antara Arab Saudi dan Kanada belum menemukan titik temu menuju perdamaian.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau disarankan untuk terbang ke Riyadh dan meminta maaf secara pribadi kepada keluarga Kerajaan Arab Saudi.

Anjuran itu dilontarkan oleh mantan Menteri Luar Negeri Kanada John Baird dalam wawancara di TV Al Arabiya, seperti dikutip dari Newsweek, Rabu (15/8/2018).

"Saya pikir pemerintah Kanada baru mulai memahami bagaimana tindakan mereka menyinggung pemerintah Saudi. Ini memberi Kanada reputasi buruk," katanya.

Baca juga: Bersitegang dengan Pemerintah Saudi, PM Kanada Enggan Minta Maaf

Baird berpendapat pembicaraan langsung diperlukan untuk mengakhiri krisis diplomatik.

"Bagi Kanada untuk memperlakukan seorang kawan dan sekutu, dengan situasi sekarang sangat tidak membantu," ucapnya.

The Sault Star mencatat, Baird merupakan menteri luar negeri Kanada era pemerintahan Perdana Menteri Stephen Harper. Dia dikenal sebagai pendukung HAM.

Baird pernah menangguhkan hubungan diplomatik dengan Iran pada 2012, dengan menyebutnya sebagai negara pelanggar hak asasi manusia terburuk di dunia.

Terkait perselisihan dengan Saudi kali ini, Trudeau dan pemerintahannya secara konsisten menegaskan bahwa isu HAM tidak dapat dinegosiasikan.

Krisis diplomatik ini bermula ketika pemerintah Kanada menyerukan pembebasan segera kepada para aktivis, termasuk aktivis kesetaraan gender peraih penghargaan internasional, Samar Badawi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.