Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Turki, Qatar Janjikan Investasi Langsung Rp 219 Triliun

Kompas.com - 16/08/2018, 05:55 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP,Anadolu

ANKARA, KOMPAS.com - Pemerintah Qatar menjanjikan bakal melakukan investasi langsung di Turki.

Hal tersebut menjadi respon pertama yang ditunjukkan Doha sejak AS memberlakukan kenaikan tarif impor alumunium dan baja untuk Ankara.

"Qatar telah menjanjikan dana investasi langsung di Turki sebesar 15 miliar dolar AS (sekitar Rp 219 triliun)," kata juru bicara kepresidenan Turki Ibrahim Kalin, dalam akun twitter miliknya, Rabu (15/8/2018).

Pengumuman investasi tersebut muncul setelah Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani mengadakan pertemuan langsung dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Ankara.

Baca juga: Nilai Tukar Lira Anjlok, Turis Asing Borong Barang Mewah di Turki

Dalam pertemuan tersebut, Erdogan turut menyampaikan rasa terima kasihnya kepada emir dan masyarakat Qatar karena telah membela Turki. Demikian diberitakan Anadolu.

Erdogan mengatakan, hubungan negaranya dengan Qatar, yang digambarkannya sebagai negara persahabatan dan persaudaraan, akan mendorong peningkatan di banyak bidang.

Turut hadir dalam pertemuan antara emir dengan presiden tersebut Menteri Keuangan Turki, Berat Albayrak dan rekan Qatar-nya, Ali Sharif Al-Emadi.

Krisis diplomatik antara AS dengan Qatar telah menimbulkan kekhawatiran akan krisis ekonomi di Turki dan memicu kecemasan investor asing di negara itu, termasuk Qatar, akibat penurunan nilai mata uang lira.

Antara Turki dengan Qatar, yang sama-sama sebagai sekutu AS, telah terjalin kemitraan di bidang ekonomi dan politik.

Qatar tercatat hingga bulan lalu telah memiliki investasi sebesar 20 miliar dolar (sekitar Rp 292 triliun) di Turki.

Sementara Ankara telah menjadi salah satu eksportir teratas untuk wilayah emirat itu.

Selain itu, masyarakat Qatar yang mendukung Turki juga telah memulai kampanye mengajak rakyat untuk menukarkan uang riyal mereka menjadi lira, sebagai upaya untuk mendongkrak nilai mata uang tersebut.

Baca juga: Qatar Tak Komentari Sanksi AS kepada Turki, Ankara Frustrasi

Sebelumnya, diberitakan media Turki, Takvim, jika Pemerintah Turki telah dibuat frustasi dengan sikap diam Qatar terkait krisis ekonomi yang menimpa Ankara.

Harian itu juga menulis jika Qatar memilih diam dan tidak mendukung Turki meski pemerintahan Erdogan dengan cepat mendukung Qatar saat bermasalah dengan negara-negara Teluk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP,Anadolu
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com