Kompas.com - 15/08/2018, 15:39 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump begitu frustrasi setelah  pendeta Andrew Brunson tak segera dibebaskan Turki.

Pernyataan itu disampaikan Sekretaris Pers Gedung Putih, Sarah Sanders, sebagaimana diberitakan Hurriyet Rabu (15/8/2018).

"Presiden tak bisa menyembunyikan rasa frustrasinya karena Pastor Brunson sejauh ini masih belum ada tanda-tanda bakal dibebaskan," kata Sanders.

Baca juga: AS Beri Tenggat Waktu bagi Turki untuk Bebaskan Pendeta

Sekretaris pers berusia 36 tahun itu melanjutkan selain Brunson, Trump juga frustrasi karena warga AS lainnya juga tak dibebaskan Turki.

"Kami akan terus melanjutkan berseru kepada Turki untuk melakukan hal benar dengan melepaskan setiap warga negara AS yang mereka tahan," tutur Sanders kembali.

Brunson ditangkap pada 7 Oktober 2016 ketika mengajukan permohonan untuk mendapatkan izin tinggal permanen di Turki.

Pendeta Presbyterian yang berdinas di Izmir itu ditahan dengan tuduhan terlibat dalam upaya kudet menggulingkan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Selain Brunson, Turki juga menahan warga AS lainnya dengan tuduhan serupa. Antara lain Ismail Kul, dosen kimia di Universitas Widener Pennsylvania.

Kemudian adik Kul, Mustafa, serta fisikawan Badan Antariksa AS (NASA) Serkan Golge yang berusia 37 tahun.

Trump menyerukan kepada Erdogan untuk melepaskan Brunson, yang ditanggapi permintaan agar Trump mengesktradisi Fethullah Gulen.

Halaman:
Sumber Hurriyet
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.