Kompas.com - 15/08/2018, 15:13 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com - Menyambut Hari Kemerdekaan India ke-72 pada Rabu (15/8/2018), Perdana Menteri Narendra Modi menyebut "gajah tidur" India telah bangkit.

Ungkapan itu merujuk pada pertumbuhan ekonomi India yang terus merajai dunia.

Selama 80 menit, Modi menyampaikan pidato Hari kemerdekaan di Red Fort, New Delhi, pada masa lima tahun kepemimpinannya.

Dalam kesempatan itu, dia memanfaatkan sorotan dunia terhadap prestasi pemerintah India selama masa pemerintahannya.

Baca juga: Kepada PM Modi, Jokowi Minta India Turunkan Tarif Kelapa Sawit Indonesia

Pertumbuhan ekonomi India tercatat pada kisaran 7 persen sejak Modi memimpin, kendati saat ini rupee terancam dampak jatuhnya nilai tukar mata uang Turki, lira.

"India merupakan negeri reformasi, implementasi, dan transformasi. Kita diselimuti oleh pencapaian pertumbuhan ekonomi," katanya, seperti dikutip dari AFP.

"Hari ini, dunia menyaksikan gajah tidur telah bangun, berjalan, dan bergabung dalam perlombaan," imbuhnya.

Jelang pemilihan umum yang diperkirakan bakal digelar pada awal 2019, Modi menyampaikan ambisinya untuk memberikan asuransi kesehatan bagi rakyat India bertajuk "Modicare".

Modicare bakal menanggung biaya pengobatan penyakit serius hingga 500.000 rupee atau sekitar Rp 103,8 juta bagi setiap warga miskin, yang jumlahnya diperkirakan mencapai 500 juta orang.

Program itu akan diluncurkan pada 25 September 2018. Modicare bakal menjadi program asuransi kesehatan pemerintah terbesar di dunia.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.