Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

17 Tahun Teror Tetangga dengan Musik Klasik, Seorang Wanita Ditangkap

Kompas.com - 15/08/2018, 14:38 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

STUROVO, KOMPAS.com - Seorang perempuan di Sturovo, Slovakia, ditangkap karena tidak melaksanakan perintah Mahkamah Agung untuk tak memutar musik klasik.

Diwartakan Oddity Central, Eva N yang tinggal di Jalan Kossuth begitu menyukai karya La Traviata yang diciptakan komposer Italia, Giuseppe Verdi.

Baca juga: Kali Pertama, Buaya Lakukan Scan MRI Sambil Dengarkan Musik Klasik

Namun bagi tetangga yang tinggal di sana tak merasakan kesenangan itu. Sebab, mereka harus mendengarkan musik yang sama setiap hari selama 17 tahun terakhir.

"Teror" itu dimulai sejak Eva pindah ke Kossuth pada 1999 silam. Sejak saat itu, dia bakal memutar La Traviata menggunakan speaker mulai pukul 06.00 hingga 22.00.

Komposisi berdurasi empat menit itu dibawakan penyanyi tenor Placido Domingo. "Saya suka Domingo. Namun tak begini caranya," keluh seorang tetangga.

"Seluruh tetangga yang tinggal di Kossuth harus menderita karena lagu itu," kata tetangga yang lain kepada media lokal Slovakia.

Saat diwawancarai sebuah radio, Eva menjelaskan dia memutar musik kencang-kencang sebagai bentuk pertahanan karena anjing tetangganya terus menggongong.

Gonggongan itu membuatnya sakit kepala. Dia mengaku sempat meminta si tetangga agar bisa mengendalikan anjingnya.

"Namun, karena dia menolak, saya tak punya pilihan. Saya putar komposisi aria itu sekeras mungkin agar suara anjingnya tak terdengar," kata Eva.

Namun, Oddity Central memberitakan meski anjing tetangga itu sudah mati selama bertahun-tahun, dia tetap memutar La Traviata.

Tetangga Eva yang tak tahan kemudian melaporkannya ke polisi hingga memasuki persidangan. Oleh pengadilan, dia diperintahkan untuk menghentkan memutar komposisi itu.

Eva sempat melakukannya sejak 2015 selama dua tahun. Namun di 2017, dia kembali memutar La Traviata yang membuat tetangganya menderita.

Puncaknya pada Senin (13/8/2018), polisi menangkap Eva. Dia dijerat tuduhan pelecehan dan penyiksaan dengan ancaman hukuman tiga tahun penjara.

Baca juga: Di Dalam Inkubator, Lima Bayi Kembar Ditemani Musik Klasik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com