Kompas.com - 15/08/2018, 11:30 WIB

GENOA, KOMPAS.com - Wakil Perdana Menteri Italia, Matteo Salvini, menuding Uni Eropa (UE) bertanggung jawab atas jembatan ambruk yang terjadi di Genoa.

Kepada awak media di Catania seperti dilansir Bloomberg Rabu (15/8/2018), Salvini menyebut pembatasan anggaran yang dilakukan UE bisa berisiko membahayakan.

Defisit Italia pada 2018 ini telah menyentuh 1,6 persen GDP, sementara Zona Eropa menetapkan ambang batas 3 persen.

Baca juga: Korban Tewas Akibat Jembatan Ambruk di Italia Sudah Capai 22 Orang

Meski begitu, Komisi Eropa bersikeras agar pengeluaran Italia dibatasi karena utang mereka yang sudah mencapai 2,3 triliun euro, terbesar di Benua Biru.

"Jika pihak luar membatasi pengeluaran untuk membangun jalan yang aman, maka perlu dipertanyakan perlukah kita mengikutinya," kata Salvini.

Wakil PM yang juga Menteri Dalam Negeri itu menyatakan, sangat tidak masuk akal jika mereka harus mengikuti aturan namun mengorbankan keselamatan warga Italia.

Insiden di Ponte Morandi terjadi ketika pemerintahan Perdana Menteri Giuseppe Conte mempersiapkan anggaran untuk 2019.

Salvini dan Wakil PM lainnya, Luigi Di Maio, mendesak UE agar bersedia menangguhkan batasan anggaran agar mereka bisa fokus pada pengeluaran krusial.

Setali tiga uang dengan Salvini, Menteri Transportasi Danilo Toninelli meminta agar pengeluaran di perawatan sarana publik tak dibatasi.

Sementara Claudio Borghi, Kepala Komite Anggaran Majelis Rendah Parlemen, meminta agar keselamatan rakyat Italia dinomorsatukan.

Halaman:
Sumber Bloomberg
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.