Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taliban Kuasai Pangkalan Militer di Afghanistan Utara

Kompas.com - 14/08/2018, 20:43 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

FARYAB, KOMPAS.com - Kelompok gerilyawan Taliban telah merebut dan menguasai sebuah pangkalan militer di Afghanistan utara. Belasan tentara tewas, sementara puluhan lainnya dikhawatirkan disandera.

Disampaikan juru bicara militer di Afghanistan utara, Mohammad Hanif Rezaee, sebanyak 100 personil tentara tengah berada di pangkalan di distrik Ghormach di provinsi Faryab saat pasukan gerilyawan secara tiba-tiba menyerang pada Minggu (12/8/2018).

"Ini adalah sebuah tragedi, setelah pangkalan jatuh ke tangan musuh. Beberapa tentara tewas, beberapa ditahan dan ada juga yang sempat melarikan diri di bukit-bukit di dekatnya," kata Rezaee kepada AFP.

Baca juga: Perebutkan Kota Ghazni, 100 Tentara Afganistan dan 194 Taliban Tewas

Sementara disampaikan anggota parlemen Faryab, Hashim Otaq mengungkapkan sebanyak 14 tentara dilaporkan tewas dan sekitar 40 lainnya ditahan oleh Taliban di dalam pangkalan.

Aksi penyerbuan pasukan Taliban terhadap pangkalan militer itu terjadi beberapa hari setelah pecahnya perang perebutan kota Ghazni di Afghanistan tenggara sejak Kamis (9/8/2018) malam.

Kepala Dewan Provinsi Faryab, Tahir Rehmani mengatakan, tentara yang berada di pangkalan tersebut sempat meminta bantuan dan dukungan udara kepada Kabul, namun tidak dipenuhi.

Tak lama kemudian pangkalan dikuasai oleh Taliban. "Mereka terlalu sibuk dengan Ghazni," kata Rehmani.

Pasukan keamanan Afghanistan berjuang keras untuk memukul mudur para pemberontak sejak pasukan NATO yang dipimpin AS mengakhiri misi mereka di negara itu pada Desember 2014.

Sebelumnya, terjadi pertempuran perebutan kota Ghazni antara Taliban dengan pasukan Afghanistan, setelah datang sebuah serangan taktis terbesar sejak gencatan senjata berakhir pada Juni lalu.

Baca juga: Cegah Kota Ghazni Direbut Taliban, AS Gelar Serangan Udara

Kota tersebut tetap berada di bawah kendali pemerintah Afghanistan, namun pemberontak juga mulai bertahan di sana.

Seorang warga yang menjadi saksi mata mengatakan, pasukan Taliban membakar gedung, membunuh warga sipil dan melepaskan tembakan ke arah pasukan keamanan yang mengejar mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com