Kompas.com - 13/08/2018, 17:46 WIB
|

PRETORIA, KOMPAS.com - Sejumlah tamu yang sedang berenang di kolam renang sebuah hotel di Afrika Selatan mendapat kejutan yang amat langka.

Bagaimana tidak, sekelompok gajah tiba-tiba muncul di kolam itu, sempat mampir minum sebelum melenggang pergi.

Kejadian langka ini terekam kamera milik Ivan Ueckerman, pemandu wisata dari Mhondoro Lodge setelah dia melihat sekelompok gajah itu mendatangi hotel di provinsi Limpopo itu.

Baca juga: Perahu Safari Penuh Turis di Afrika Nyaris Diserang Seekor Gajah

"Saya tahu ini adalah kesempatan besar untuk menyaksikan para gajah di habitat alamiah mereka," kata Ivan (29).

"Kami belajar banyak soal hewan luar biasa ini, tentang perilaku, bagaimana mereka bereaksi satu sama lain, dan sebagainya," tambah dia.

"Kami amat senang mendengar suara saat mereka minum dan berkomunikasi atau melihat tekstur kulit mereka," lanjut Ivan.

Di Afrika Selatan saat musim panas seperti saat ini, sejumlah sungai atau sumber air mengering. Alhasil, para gajah ini harus mencari alternatif pasokan air minum bagi mereka.

Ivan mengatakan, kolam hotel meski mengandung garam tetapi tidak terdapat bahan kimia apapun. Sehingga, aman diminum gajah-gajah itu.

"Mereka hewan oportunis dan akan berhenti saat melihat air untuk diminum jika jaraknya tak jauh dari mereka," ujar Ivan.

Baca juga: Gajah Bantu Evakuasi Warga Myanmar dari Kawasan Konflik

"Sungguh luar biasa bisa menyaksikan peristiwa ini. Mereka amat tenang meski ada manusia di sekitarnya. Mereka datang dan pergi sesuka hati mereka," pungkasnya.

Bagaimana detik-detik kedatangan gajah itu? Silakan saksikan video di bawah ini:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Mirror


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.