Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahuan Jadi Joki Ujian Nasional, Dosen di Burundi Ditangkap Polisi

Kompas.com - 13/08/2018, 14:29 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber BBC

BUJUMBURA, KOMPAS.com - Seorang dosen di Burundi, Afrika ditangkap polisi setelah menyamar menjadi seorang mahasiswa dan ikut ujian nasonal.

Sang dosen, Benjamin Manirambona itu mengerjakan soal-soal ujian untuk orang lain yang tidak bisa hadir dalam ujian yang digelar akhir pekan lalu.

Polisi berhasil mengetahui aksi Benjamin ini setelah mendapatkan informasi warga. Sehingga sepanjang malam menjelang ujian, polisi sudah memantau Benjamin.

Baca juga: Lima Koordinator Joki Ujian Masuk Perguruan Tinggi Ditangkap

Alhasil, saat tengah duduk di ruang ujian, dosen Sekolah Teknik Butere itu tak bisa lagi mengelak saat polisi muncul dan menangkapnya.

Dalam pemeriksaan, Benjamin mengatakan, dia menggantikan seorang tentara yang sedang bertugas di Somalia sebagai bagian dari pasukan penjaga perdamaian.

Benjamin mengatakan, sang tentara menjanjikan sejumlah uang jika dia mendapatkan nilai yang cukup untuk masuk ke universitas.

"Semua yang kamu katakan adalah kebohongan jadi kami menangkapmu," kata Menteri Pendidikan Burundi Janviere Ndirahisha, yang ikut dalam penangkapan itu.

"Kami akan melakukan investigasi, sebab dari informasi yang kami peroleh,  dia sudah sering melakukan hal ini," tambah Ndirahisha.

Selain Benjamin, empat mahasiswa lain juga ditangkap karena juga diduga menjadi joki. Kini mereka semua sudah mendekam di tahanan polisi.

Baca juga: Dinilai Hina Presiden Burundi, Seorang Pelawak Ditahan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com