Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Penembakan di Kanada Didakwa 4 Tuduhan Pembunuhan Tingkat Pertama

Kompas.com - 12/08/2018, 07:07 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

FREDERICTON, KOMPAS.com - Pelaku penembakan yang terjadi pada Jumat (10/8/2018) di sebuah kota di Kanada timur didakwa telah melakukan empat pembunuhan tingkat pertama.

Menurut laporan pihak kepolisian kota Fredericton, Sabtu (11/8/2018), pelaku dituduh telah melakukan pembunuhan berencana, namun tidak memberikan rincian mengenai motif penembakan.

Melansir dari AFP, pelaku yang diidentifikasi sebagai Matthew Vincent Raymond (48), telah melepaskan tembakan di kota Fredericton, New Brunswick, Kanada pada Jumat pagi dan telah menyebabkan empat orang tewas, termasuk dua petugas polisi.

Baca juga: Penembakan Terjadi di Kanada, 4 Orang Dikabarkan Tewas

Pelaku dapat dilumpuhkan setelah terkena tembakan petugas dan kini tengah menjalani perawatan di rumah sakit.

Selanjutnya pelaku akan tetap berada di dalam tahanan dan dijadwalkan hadir di pengadilan pada 27 Agustus mendatang. Demikian disampaikan kepolisian setempat melalui pernyataannya.

Pihak berwenang juga telah merilis identitas para korban, yang terdiri dari dua warga sipil, bernama Donald Adam Robichaud (42) dan Bobbie Lee Wright (32).

Sementara dua petugas yang tewas yakni Lawrence Robert Costello (45) dan Sara Mae Helen Burn (43).

Sebelumnya diberitakan lembaga penyiaran publik Kanada, CBC, insiden penembakan telah terjadi di sebuah kawasan permukiman di kota itu. Menurut keterangan pihak polisi, penembakan terjadi sekitar pukul 08.20 pagi waktu setempat.

Kota Fredericton merupakan ibu kota provinsi New Brunswick, Kanada, yang terletak di tepi aliran Sungai St John dan memiliki populasi sedikit di atas 58.000 jwa.

Insiden penembakan pada Jumat lalu tersebut sempat memicu kepanikan warga.

Otoritas Kanada saat ini tengah berjuang melawan peningkatan kasus kekerasan senjata dan menyerukan agar dibuat larangan kepemilikan senjata api.

Insiden penembakan tersebut menjadi yang kedua terjadi di provinsi tersebut dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga: Penembakan di Kanada Lukai 9 Orang, Pelaku Tewas

Sementara beberapa pekan sebelumnya, kasus penembakan juga terjadi di Toronto, dengan seorang pria melepaskan sejumlah tembakan, menewaskan seorang perempuan berusia 18 tahun dan anak perempuan berusia 10 tahun. Setidaknya 13 orang turut menjadi korban luka.

Pada 2014 lalu, tiga petugas polisi federal tewas dan dua lainnya terluka setelah menerima laporan tentang seorang pria bersenjata yang berkeliaran di lingkungan perumahan dekat Moncton, New Brunswick.

Pelaku tertangkap setelah dilakukan pencarian selama 28 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com