Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buntut Krisis Diplomatik, Pasien Saudi di Kanada Dipindahkan ke AS

Kompas.com - 10/08/2018, 11:54 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP,Arab News

RIYADH, KOMPAS.com - Semua pasien dari Arab Saudi yang menjalani perawatan medis di Kanada telah dipindahkan ke Amerika Serikat.

Demikian pernyataan dari duta besar Arab Saudi untuk Kanada, Naif bin Bandar Al-Sudairi, seperti dilansir Arab News, Kamis (9/8/2018).

Berbicara dari Riyadh, Sudairi mengatakan kedutaan besar Saudi memberikan semua bantuan kepada warganya, dan akan mengambil sejumlah langkah penting yang diperlukan untuk melindungi kepentingan mereka.

Atase kesehatan Saudi di AS dan Kanada, Fahd bin Ibrahim Al Tamimi, menyatakan pemindahan para pasien itu guna memastikan keamanan mereka.

Baca juga: Hubungan Memanas, Saudi Larang Warganya Berobat ke Kanada

"Ini untuk menjamin keamanan pasien dari Saudi yang menjalani perawatan di Kanada bersama dengan kerabat mereka, dan untuk memenuhi kebutuhan perawatan mereka di tempat lain," katanya.

Seperti diketahui, krisis diplomatik antara Saudi dan Kanada makin memanas sejak Senin lalu.

Selain memindahkan semua pasien, Saudi juga menarik duta besarnya di Kanada dan mengusir dubes Kanada, kemudian membekukan semua kerja sama perdagangan dan investasi.

Negeri pimpinan Raja Salman itu juga merelokasi ribuan mahasiswa Saudi yang menempuh pendidikan di Kanada.

Tak hanya sampai di situ, maskapai milik negara, Saudia, juga menangguhkan penerbangan langsung ke Toronto.

Perseteruan ini berawal ketika Kanada menyerukan pembebasan segera kepada para aktivis, termasuk aktivis kesetaraan gender peraih penghargaan internasional, Samar Badawi.

Penangkapan tersebut terjadi setelah belasan aktivis perempuan Saudi ditahan atas tuduhan membahayakan keamanan nasional.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menolak untuk minta maaf. Sementara, pemerintah Saudi sedang mempertimbangkan langkah "hukuman" lebih lanjut kepada Kanada.

Baca juga: Terkait Saudi, Kanada Diam-diam Minta Bantuan Jerman dan Swedia

Namun, pemerintah Kanada dikabarkan diam-diam meminta bantuan Jerman dan Swedia untuk menyelesaikan perselisihan dengan kerajaan Arab Saudi.

Sebelumnya, Jerman dan Swedia juga pernah menjadi sasaran kemarahan Saudi karena mengkritik pelanggaran hak asasi manusia di negara Timur Tengah itu.

Kanada telah mengecewakan negara Barat lainnya, termasuk Amerika Serikat, yang merupakan sekutu kunci Saudi.

"Keduanya membutuhkan solusi diplomatik. Kami tidak bisa melakukannya untuk mereka. Mereka harus menyelesaikannya bersama-sama," ujar juru bicara Kemenlu AS Heather Nauert.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP,Arab News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com