Kompas.com - 10/08/2018, 11:54 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Semua pasien dari Arab Saudi yang menjalani perawatan medis di Kanada telah dipindahkan ke Amerika Serikat.

Demikian pernyataan dari duta besar Arab Saudi untuk Kanada, Naif bin Bandar Al-Sudairi, seperti dilansir Arab News, Kamis (9/8/2018).

Berbicara dari Riyadh, Sudairi mengatakan kedutaan besar Saudi memberikan semua bantuan kepada warganya, dan akan mengambil sejumlah langkah penting yang diperlukan untuk melindungi kepentingan mereka.

Atase kesehatan Saudi di AS dan Kanada, Fahd bin Ibrahim Al Tamimi, menyatakan pemindahan para pasien itu guna memastikan keamanan mereka.

Baca juga: Hubungan Memanas, Saudi Larang Warganya Berobat ke Kanada

"Ini untuk menjamin keamanan pasien dari Saudi yang menjalani perawatan di Kanada bersama dengan kerabat mereka, dan untuk memenuhi kebutuhan perawatan mereka di tempat lain," katanya.

Seperti diketahui, krisis diplomatik antara Saudi dan Kanada makin memanas sejak Senin lalu.

Selain memindahkan semua pasien, Saudi juga menarik duta besarnya di Kanada dan mengusir dubes Kanada, kemudian membekukan semua kerja sama perdagangan dan investasi.

Negeri pimpinan Raja Salman itu juga merelokasi ribuan mahasiswa Saudi yang menempuh pendidikan di Kanada.

Tak hanya sampai di situ, maskapai milik negara, Saudia, juga menangguhkan penerbangan langsung ke Toronto.

Perseteruan ini berawal ketika Kanada menyerukan pembebasan segera kepada para aktivis, termasuk aktivis kesetaraan gender peraih penghargaan internasional, Samar Badawi.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber AFP,Arab News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.