Terkait Saudi, Kanada Diam-diam Minta Bantuan Jerman dan Swedia - Kompas.com

Terkait Saudi, Kanada Diam-diam Minta Bantuan Jerman dan Swedia

Kompas.com - 10/08/2018, 09:35 WIB
Ilustrasi Bendera Kanada.Sky News Ilustrasi Bendera Kanada.

OTTAWA, KOMPAS.com - Kanada dikabarkan diam-diam meminta bantuan Jerman dan Swedia untuk menyelesaikan perselisihan dengan kerajaan Arab Saudi.

Demikian pernyataan dari seorang pejabat senior yang tidak disebutkan namanya, seperti dikutip dari AFP, Kamis (9/8/2018).

Dia menyampaikan bahwa Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland telah berbicara dengan rekannya dari dua negara tersebut.

Sebelumnya, Jerman dan Swedia juga pernah menjadi sasaran kemarahan Saudi karena mengkritik pelanggaran hak asasi manusia di negara Timur Tengah itu.

Baca juga: Bersitegang dengan Pemerintah Saudi, PM Kanada Enggan Minta Maaf

Freeland dilaporkan mencoba memahami bagaimana kedua negara tersebut dalam mengatasi krisis diplomatik dengan Saudi. Dia juga memohon dukungan dari Jerman dan Swedia.

Pemerintah Kanada juga berencana untuk merayu Uni Emirat Arab dan Inggris, yang memiliki hubungan historis kuat dengan Arab Saudi.

Sementara, organisasi hak perempuan, amal, dan kelompok HAM mendesak komunitas internasional untuk bergabung dengan Kanada menyerukan penghormatan terhadap hak perempuan di Saudi.

Mereka juga meminta Saudi untuk segera membebaskan aktivis perempuan yang kini ditahan.

"Kami ikut Kanada dalam mendesak Arab Saudi untuk membebaskan aktivis hak perempuan Samar Badawi dan Nassima al-Sada," demikian pernyataan dari kelompok non-pemerintah dan individu, termasuk Nobel Women's Initiatve, Oxfam, dan Lawyers without Borders.

Seperti diketahui, ketegangan antara Kanada dan Saudi telah memanas sejak Senin lalu, ketika Saudi mengusir duta besar Kanada, dan menarik semua diplomatnya.

Negara pimpinan Raja Salman itu juga membekukan kerja sama perdagangan baru dan investasi, setelah Kanada mengkritik penangkapan aktivis HAM di Saudi.

Baca juga: Meski Berselisih dengan Kanada, Saudi Jamin Pasokan Minyak Dunia Aman

Pada Rabu lalu, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menegaskan pemerintahannya akan selalu menyoroti permasalahan HAM.

Kanada telah mengecewakan negara Barat lainnya, termasuk Amerika Serikat, yang merupakan sekutu kunci Saudi.

"Keduanya membutuhkan solusi diplomatik. Kami tidak bisa melakukannya untuk mereka. Mereka harus menyelesaikannya bersama-sama," ujar juru bicara Kemenlu AS Heather Nauert.


Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X