Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Medali dan Selempang Kepresidenan Bolivia Dicuri

Kompas.com - 09/08/2018, 17:38 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Daily Mail

LA PAZ, KOMPAS.com - Medali dan selempang bersejarah milik kepresidenan Bolivia hilang dicuri dari sebuah mobil pengawal saat dia sedang mengunjungi sebuah rumah bordil.

Letnan Roberto Ortiz ditugaskan mengirim benda-benda kenegaraan itu kepada Presiden Evo Morales untuk dikenakan saat berpidato pada Rabu (8/8/2018) di kota Cochambamba.

Namun, pesawat yang seharusnya membawa Presiden Morales pada Selasa (7/8/2018) malam ditunda. Alhasil, untuk mengisi waktu Ortiz memutuskan untuk menyambangi sebuah rumah bordil.

Baca juga: Rakyat Bolivia Hentikan Ambisi Evo Morales

Sekembalinya Ortiz dari rumah bordil di distrik El Alto itu, dia amat terkejut karena tas yang berisi medali dan selempang kepresidenan Bolivia telah raib.

Beruntung, polisi menemukan kembali kedua benda penting itu setela para pencuri yang berasal dari Peru membuangnya di serambi sebuah gereja di pusat kota Cochambamba.

Menurut laporan kepolisian, sebelumnya Ortiz melaporkan raibnya kedua benda penting tersebut.

"Saya masuk ke beberapa rumah bordil itu dan tak lama kemudian saya kembali ke mobil," kata Ortiz kepada polisi.

"Saat saya masuk ke mobil, tas ransel saya yang berisi medali dan selempang kepresidenan sudah hilang," tambah dia.

Perwira kepolisian kota Cochambamba Kolonel Jhonnya Aguilera mengatakan, petugas kemudian menemukan kedua benda itu di dalam sebuah tas berwarna hitam.

Aguilera mengatakan, polisi menemukan tas itu setelah mendapatkan telepon dari stasiun televisi Unitel.

"Stasiun televisi itu sebelumnya mendapatkan informasi dari seorang pejalan kaki," ujar Aguilera.

Aguilera mengatakan, para pencuri itu diyakini berasal dari Peru dan kini petugas perbatasan kedua negara sedang mencari para tersangka.

Presiden Morales, terakhir kali mengenakan medali dan selempang tersebut pada 6 Agustus lalu saat memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Bolivia ke-193.

Akibat, kedua benda kenegaraan ini sempat hilang, Morales tidak mengenakan keduanya saat menghadiri parade militer di Cochabamba pada Rabu.

Saat ini, petugas yang seharusnya menjaga medali dan selempang kepresidenan itu sudah ditahan untuk menjalani pemeriksaan.

Medali itu merupakan hadiah dari kongres Republik Bolivia yang baru terbentuk untuk pendirinya pada 1825. Medali ini dipakai pertama kali pada 1826 oleh Presiden Antonio Jose de Sucre.

Baca juga: Presiden Evo Morales di Ambang Kekalahan Referendum Bolivia

Medali emas yang dihiasi batu-batu berharga itu, biasanya disimpan di sebuah lemari besi di bank sentral Bolivia di ibu kota La Paz.

Namun, medali itu biasanya dibawa ke lokasi tempat presiden menghadiri acara-acara seremonial kenegaraan.

Sebelumnya, mantan presiden Bolivia Carlos Mesa menyebut hilangnya medali dan selempang ini sama dengan hilangnya mahkota milik Ratu Elizabeth II.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com