Kompas.com - 07/08/2018, 15:35 WIB

DUBLIN, KOMPAS.com - Sebuah kebakaran hutan yang terjadi di Bray Head County Wicklow, Irlandia, Juli lalu mengungkap adanya pesan era Perang Dunia II.

Daily Mirror melansir Senin (6/8/2018), pesan itu bernama "Eire", dan disusun dari batu putih yang ditanam di tanah.

Eire merupakan bahasa Gaelic dari Irlandia, dan sempat menjadi nama resmi negara itu pada periode 1937 sampai 1949 silam.

Baca juga: Pesawat Era Perang Dunia II Jatuh, Seluruh Penumpang Tewas

Juru bicara Pendukung Garda Utara mengatakan, "Eire" menjadi tanda bagi pilot pesawat pembom Nazi Jerman maupun Sekutu agar tak menghantam Irlandia.

Dilansir Newsweek, di masa kepemimpinan Eamon de Valera, Irlandia merupakan negara netral saat Perang Dunia II berlangsung.

Meski, Dublin sempat memberikan bantuan kepada tetangganya, Irlandia Utara saat peristiwa pengeboman Belfast Blitz di 1941.

Sebagai sebagai tanda Irlandia netral, BBC memberitakan bahwa tulisan tersebut juga berfungsi sebagai alat navigasi.

Juru bicara tersebut menjelaskan, tanda peringatan tersebut tidak saja dijumpai di County Wicklow. Terdapat 80 tanda serupa di seluruh negeri.

"Namun, tanda ini relatif umum di kawasan pesisir barat. Baru kali ini kami melihatnya di sebelah timur," ungkap Garda Udara.

Adapun kebakaran yang merusak jalur kereta tersebut bisa dipadamkan setelah helikopter mengguyur dengan 40.000 galon air laut.

Selama beberapa pekan, api menjadi momok yang menakutkan di Eropa dikarenakan cuaca yang panas dan udara begitu kering.

Di Portugal misalnya. 800 pemadam kebakaran dan 12 pesawat dikerahkan untuk memadamkan kebakaran yang sudah melalap 1.200 hektar hutan.

Kemudian di Juli, Yunani juga berjibaku dengan kebakaran yang menewaskan 90 orang, dan membuat kepala polisi serta komandan pemadam kebakaran dipecat.

Baca juga: Sejumlah Pejabat Yunani Digugat Korban Kebakaran Hutan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.