Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Hutan Ungkap Sebuah Pesan Era Perang Dunia II

Kompas.com - 07/08/2018, 15:35 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

DUBLIN, KOMPAS.com - Sebuah kebakaran hutan yang terjadi di Bray Head County Wicklow, Irlandia, Juli lalu mengungkap adanya pesan era Perang Dunia II.

Daily Mirror melansir Senin (6/8/2018), pesan itu bernama "Eire", dan disusun dari batu putih yang ditanam di tanah.

Eire merupakan bahasa Gaelic dari Irlandia, dan sempat menjadi nama resmi negara itu pada periode 1937 sampai 1949 silam.

Baca juga: Pesawat Era Perang Dunia II Jatuh, Seluruh Penumpang Tewas

Juru bicara Pendukung Garda Utara mengatakan, "Eire" menjadi tanda bagi pilot pesawat pembom Nazi Jerman maupun Sekutu agar tak menghantam Irlandia.

Dilansir Newsweek, di masa kepemimpinan Eamon de Valera, Irlandia merupakan negara netral saat Perang Dunia II berlangsung.

Meski, Dublin sempat memberikan bantuan kepada tetangganya, Irlandia Utara saat peristiwa pengeboman Belfast Blitz di 1941.

Sebagai sebagai tanda Irlandia netral, BBC memberitakan bahwa tulisan tersebut juga berfungsi sebagai alat navigasi.

Juru bicara tersebut menjelaskan, tanda peringatan tersebut tidak saja dijumpai di County Wicklow. Terdapat 80 tanda serupa di seluruh negeri.

"Namun, tanda ini relatif umum di kawasan pesisir barat. Baru kali ini kami melihatnya di sebelah timur," ungkap Garda Udara.

Adapun kebakaran yang merusak jalur kereta tersebut bisa dipadamkan setelah helikopter mengguyur dengan 40.000 galon air laut.

Selama beberapa pekan, api menjadi momok yang menakutkan di Eropa dikarenakan cuaca yang panas dan udara begitu kering.

Di Portugal misalnya. 800 pemadam kebakaran dan 12 pesawat dikerahkan untuk memadamkan kebakaran yang sudah melalap 1.200 hektar hutan.

Kemudian di Juli, Yunani juga berjibaku dengan kebakaran yang menewaskan 90 orang, dan membuat kepala polisi serta komandan pemadam kebakaran dipecat.

Baca juga: Sejumlah Pejabat Yunani Digugat Korban Kebakaran Hutan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com