Kompas.com - 07/08/2018, 13:12 WIB
|

SEOUL, KOMPAS.com - Para arkeolog yang melakukan penggalian di sebuah gua di Korea Selatan menemukan bukti bahwa manusia sudah memiliki teknologi canggih untuk menangkap ikan pada 29.000 tahun yang lalu.

Uji karbon terhadap batu pemberat yang ditemukan di Jeongseon, wilayah timur Korea Selatan pada Juni lalu membalikkan keyakinan selama ini.

"Temuan ini memundurkan sejarah cara manusia mencari ikan hingga  19.000 tahun," kata Direktur Museum Universitas Yonsei, Han Chang-gyun.

Baca juga: Arkeolog Temukan Pondasi Perpustakaan Tertua di Jerman

Sebelumnya, peneliti pernah menemukan batu pemberat untuk menenggelamkan jala itu di Prefektur Fukui, Jepang dan kota Cheongju, Korea Selatan.

Namun, ujar Han, kedua penemuan itu berasal dari masa Neolitikum atai sekitar 10.000 tahun yang lalu.

"Temuan ini menunjukkan manusia dari masa Paleolitikum Atas sudah mulai menangkap ikan sebagai makanan mereka," tambah Han.

Batu pemberat itu berbobot 14-52 gram dengan diameter 37-56 milimeter memiliki alur yang diukir hingga bisa diikatkan ke bagian dasar jaring.

"Jaring itu ditenggelamkan di sebuah sungai beraliran deras untuk menangkap ikan-ikan kecil," lanjut Han.

Di lokasi yang sama yaitu di Gua Maedun, para peneliti juga menemukan tulang belulang ikan dan hewan-hewan lainnya, peralatan batu, dan benda-benda lainnya.

Baca juga: Tim Arkeolog Temukan Roti Berusia 14.500 Tahun di Jordania

Sebelum temuan di Korea Selatan ini, perangkat memancing tertua yang pernah ditemukan adalah sebuah mata kail.

Mata kail itu terbuat dari tempurung kerang dan siput laut yang ditemukan di sebuah pulau di wilayah selatan Jepang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Al Arabiya
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.