Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawa Cello ke Kabin Pesawat, Penumpang American Airlines Diusir

Kompas.com - 07/08/2018, 09:09 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

MIAMI, KOMPAS.com - Kru maskapai American Airlines mengusir seorang musisi dari penerbangan karena membawa cello miliknya, meski dia membeli tiket untuk menempatkan alat musik geseknya itu di kursi pesawat.

Diwartakan Business Insider pada Senin (6/8/2018), insiden tersebut menimpa mahasiswa jurusan musik Universitas DePaul, Jingjing Hu, Kamis lalu.

Hu berencana untuk terbang dari Miami menuju Chicago dengan menggunakan maskapai American Airlines nomor penerbangan 2457.

Baca juga: Tuduh Penumpang Curi Selimut, American Airlines Minta Maaf

Melalui unggahan di Facebook, suaminya, Jay Tang, mengaku sudah membeli tiket untuk dia dan istrinya, serta alat musik cello yang bernilai 30.000 dollar AS atau sekitar Rp 434,7 juta. Dia merasa dipermalukan atas insiden tersebut.

"Kami tidak melakukan sesuatu yang salah. Saya pikir, cara mereka memperlakukan kami sangat memalukan," tulisnya.

Hu menyatakan, saat membeli tiket, pihak maskapai memastikan mereka dapat membawa cello ke pesawat.

"Kami selalu membeli tiket ekstra untuk cello sehingga kami bisa membawanya ke dalam pesawat," kata Hu.

"Ketika saya terbang dari Chicago ke Miami, saya tidak mendapat masalah," ucapnya kepada NBC5 Chicago.

Namun pada penerbangan pulang menuju ke Chicago, kru American Airlines mengatakan alat musiknya terlalu besar. Sementara, pesawat Boeing 737 terlalu kecil untuk dapat mengangkut cello di kabin.

Dalam aturan federal, musisi diperbolehkan membawa alat musik seperi cello di kabin pesawat dengan tiket untuk kursi tambahan.

Baca juga: American Airlines Tak Sengaja Liburkan Ratusan Pilotnya di Masa Natal

Sementara, kebijakan American Airlines menyebut penumpang bisa membeli tiket ekstra untuk alat musik asal beratnya tidak lebih dari 75 kg dan sesuai dengan persyaratan ukuran kursi. Alat musik milik Hu itu hanya memiliki berat sekitar 4,5 kg.

Manajemen American Airlines mengaku telah terjadi kesalahpahaman mengenai persyaratan agar bisa terbang dengan mambawa cello ke dalam kabin.

"Kami mengganti penerbangan penumpang pada keesokan harinya dengan pesawat yang lebih besar, Boeing 767," demikian pernyataan dari manajemen American Airlines.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com