Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laga Sepak Bola Tetap Berlangsung Saat Rudal Melesat di Atas Mereka

Kompas.com - 06/08/2018, 14:59 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

SANA'A, KOMPAS.com - Beredar video unik di mana sebuah pertandingan sepak bola di Yaman tetap berlangsung meski ada rudal melesat.

Dilansir Daily Mirror, dalam video tersebut awalnya komentator tengah mengomentari jalannya pertandingan ketika dua rudal melesat di langit malam.

Baca juga: Presiden Yaman Desak Penarikan Total Pasukan Houthi dari Hodeidah

Komentator itu terdiam ketika dua rudal lainnya terbang. Para penonton tetap asyik melihat laga, dan para pemainnya seolah tak terpengaruh.

Dari laporan media lokal, rudal tersebut merupakan sistem pertahanan anti-serangan udara Patriot bikinan Amerika Serikat (AS).

Pada Kamis (2/8/2018), 20 orang dilaporkan tewas dalam sebuah serangan udara di kota pelabuhan Hodeidah yang dikuasai pemberontak Houthi.

Dalam keterangan saksi mata, serangan udara itu menghantam pasar ikan dan kawasan di dekat Rumah Sakit Al-Thawra.

Palang Merah di Twitter menyatakan, mereka telah mengirim tim medis untuk merawat korban luka yang dikabarkan berjumlah 50 orang.

Pemberontak Houthi dalam pernyataannya menyalahkan koalisi yang dipimpin Arab Saudi sebagai dalang serangan udara tersebut.

Konflik di Yaman terjadi pada 2014 ketika Houthi mulai melakukan serangan untuk merebut Provinsi Saada di utara.

Setelah itu mereka mencaplok ibu kota Sana'a, dan memaksa Presiden Abd Rabbo Mansour Hadi yang diakui internasional mengungsi ke Saudi.

Konflik itu mengalami eskalasi di Mret 2015 ketika Saudi dan delapan negara Arab lainnya melancarkan operasi militer untuk memulihkan pemerintahan Hadi.

Perang itu menelan korban jiwa 10.000 orang, memaksa dua juta orang mengungsi, dan menjadi krisis kemanusiaan terburuk merujuk kepada laporan PBB.

Baca juga: Uni Emirat Arab Siap Dukung Penarikan Mundur Pemberontak Yaman

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com