Kompas.com - 06/08/2018, 14:08 WIB
|

RIYADH, KOMPAS.com - Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, Minggu (5/8/2018), mengumumkan untuk menjadikan duta besar Kanada untuk negeri itu berstatus persona non-grata.

Sehingga, pemerintah Saudi memberikan waktu maksimal 24 jam bagi sang duta besar untuk meninggalkan negeri tersebut.

Selain itu, Kemenlu Arab Saudi juga memanggil pulang duta besarnya di Ottawa, Kanada untuk konsultasi.

Tak hanya itu, pemerintah Arab Saudi juga memutuskan untuk membekukan semua kesepakatan investasi dan dagang dengan Kanada. Demikian dikabarkan kantor berita SPA.

Baca juga: Konflik Soal Tenaga Kerja, Kuwait Usir Duta Besar Filipina

Alasan pengusiran duta besar itu adalah komentar terkait aktivis sosial yang dianggap negatif dan tidak fair.

"Kemenlu Arab Saudi sudah memberitahu Kemenlu Kanada dan Kedubes Kanada di Riyadh terkait apa yang mereka sebut sebagai penahanan aktivis sosial di Arab Saudi," demikian pernyataan Kemenlu Saudi.

"Mereka mendesak pemerintah Saudi untuk membebaskan para aktivis itu sesegera mungkin," masih pernyataan Kemenlu Arab Saudi.

Kemenlu Saudi menekankan, posisi Kanada dalam masalah ini tidak dapat diterima dan sama sekali tidak benar saat mengklaim sebuah kebenaran.

"Dengan menggunakan frasa 'membebaskan dengan segera' pernyataan Kanada ini amat tidak tepat, tercela, dan tak bisa diterima dalam hubungan kedua negara," kata Kemenlu Arab Saudi.

Pekan lalu, pemerintah Kanada mengatakan amat prihatin terkait gelombang penangkapan terhadap para aktivis HAM di Arab Saudi.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.