Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putra Osama bin Laden Menikahi Putri Pelaku Serangan 11 September

Kompas.com - 06/08/2018, 10:26 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

KABUL, KOMPAS.com - Putra mendiang pemimpin Al-Qaeda Osama bin Laden dikabarkan menikahi putra pelaku utama pembajak pesawat dalam tragedi 11 September 2001.

Hamza bin Laden (29) menikahi putri Mohammed Atta dalam pernkahan yang digelar di satu tempat di Afghanistan, demikian dikabarkan sejumlah kerabat Bin Laden.

Nama sang mempelai perempuan tidak diungkapkan tetapi dia diyakini berwarga negara Mesir dan berusia sekitar awal 20-an tahun.

Baca juga: Wajah Dewasa Hamza bin Laden, Pewaris Al-Qaeda, Terungkap

Mohammad Atta adalah salah satu pemimpin kelompok pelaku serangan 11 September yang menerbangkan pesawat untuk menabrak menara utara gedung World Trade Center di New York, AS.

Kabar pernikahan putri Mohammad Atta dengan Hamza bin Laden disampaikan saudara tiri Hamza yaitu Ahmad dan Hassan al-Attas.

"Kami mendengar dia menikahi putri Mohammed Atta. Kami tak tahu di mana pernikahan itu tetapi kemungkinan di Afghanistan," ujar Ahmad al-Attas.

Intelijen Barat selama dua tahun terakhir ini tengah meningkatkan upaya mencari keberadaan Hamza, karena dikhawatirkanHamza bisa mengembalikan kekuatan Al-Qaeda.

Pernikahannya dengan putri Mohammad Atta, yang warga negara Mesir, menegaskan serangan 11 September memang terkait dengan Osama bin Laden.

Putra lain Osama, Khalid tewas dalam serangan pasukan khusus AS di Abottabad,Pakistan yang juga menewaskan sang ayah.

Putra ketiga Osama, Saad tewas dalam serangan drone AS di Afghanistan pada 2009.

Baca juga: Putra Osama bin Laden Ajak Warga Saudi Melawan Pemimpinnya

Sejumlah surat yang ditulis Osama dan ditemukan di Abottabad mengindikasikan Osama memang mempersiapkan Hamza untuk menggantikan dirinya dan membalaskan kematian Saad.

Sementara, anak-anak dan para istri Osama yang masih hiduop kini pulang ke Arab Saudi dan mendapatkan perlindungan dari mantan putra mahkota Mohammed bin Nayef.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com