Kompas.com - 05/08/2018, 13:15 WIB

MAE SAI, KOMPAS.com - Masih ingatkah Anda mengenai kisah penyelamatan 12 remaja di Thailand dan pelatih sepak bola mereka yang terjebak di dalam goa penuh air?

Setelah berhasil diselamatkan oleh kru penyelam dan ahli gua internasional, serta militer Thailand, 11 di antara mereka menjalani kehidupan sebagai biksu cilik selama 11 hari. Sementara seorang yang lain tidak melakukannya karena beragama Kristen.

Dengan kepala tertunduk dan mengenakan jubah oranye, mereka berhasil menyelesaikan hari-hari sebagai biksu Buddha pemula.

Melansir The Telegraph, Sabtu (4/8/2018), sekitar 300 orang berkumpul dalam upacara pada pagi hari yang dihiasi rintik hujan.

Mereka menghadiri upacara pamitan remaja laki-laki yang akan segera kembali ke rumahnya, setelah menjalani kehidupan di kuil. Bunga, makanan, dan uang dipersembahkan sebagai tanda pengabdian.

Baca juga: Ini Nasihat Penambang Chile yang Terjebak 69 Hari kepada Remaja Thailand

Para remaja terlihat berdoa, gelisah, sesekali menguap, ketika biksu menyanyikan ayat suci. Kemudian, mereka menempatkan jubah biksu baru di atas meja, di depan Saman Kunan.

Saman merupakan mantan pasukan Angkatan Laut Thailand. Dia gugur saat membawa tabung oksigen dalam misi penyelamatan para remaja di Goa Tham Luang.

Setelah melepaskan jubah oranye, mereka berganti pakaian dengan setelan kaus putih dan celana biru.

Sementara, pelatih Ekapol Chanthawong alias Ake tetap mengenakan jubah. Dia berkomitmen untuk mengikuti periode lebih panjang menjadi seorang biksu.

Kendati akan kembali pada kehidupan normal, namun mereka tidak akan muncul ke publik.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.