Kompas.com - 04/08/2018, 11:32 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo, meminta komunitas internasional mempertahankan tekanan kepada Korea Utara (Korut).

Pernyataan itu dia sampaikan setelah PBB mengeluarkan laporan bahwa Korut mendapatkan minyak ilegal untuk bahan bakar program nuklirnya.

Dilanasir AFP Sabtu (4/8/2018), dalam laporan setebal 62 halaman itu, Korut diduga melakukan pelanggaran untuk ekspor hasil laut, batu bara, dan biji besi.

Baca juga: Menlu AS Bakal Desak Negara ASEAN Terapkan Sanksi PBB pada Korut

Selain itu, beredar laporan bahwa Pyongyang masih melanjutkan membangun rudal, dan para pejabat tinggi di sana tak terpengaruh dengan sanksiitu.

Dalam pidatonya di Forum Regional ASEAN, Pompeo menekankan bahwa penting bagi negara lain untuk menerapkan sanksi PBB kepada Korut.

Sebab, hanya dengan tekanan itu, maka komitmen denuklirisasi yang dicanangkan oleh Korut bakal terlaksana.

"Saya harus mengatakannya di forum ini, dunia harus bersatu untuk dapat melihatnya (denuklirisasi) terjadi," tegas Pompeo.

Dia mengatakan terdapat laporan Rusia melakukan joint venture, dan memberikan visa kerja kepada warga Korut.

"Jika laporan tersebut akurat, maka jelas mereka (Korut) melakukan pelanggaran terhadap sanksi dari PBB," ulas Pompeo.

Mantan Direktur Badan Intelijen Pusat (CIA) itu menyatakan jika dunia bersatu, maka Pemimpin Korut Kim Jong Un bakal berkomitmen melakukannya.

Denuklirisasi merupakan salah satu dari bagian kesepakatan antara Kim dengan Presiden AS Donald Trump saat bertemu di Singapura 12 Juni lalu.

Selain denuklirisasi, kesepakatan lain adalah Kim setuju menyerahkan kerangka tentara AS yang hilang saat Perang Korea 1950-1953.

Baca juga: Korut Bangun Rudal Balistik Baru

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.