Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cekcok dengan Tetangga, Seorang Pria Kibarkan Bendera Nazi

Kompas.com - 03/08/2018, 17:25 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Berselisih dengan tetangga hingga peralatannya diretas, seorang pria di New York, Amerika Serikat (AS) memilih mengibarkan bendera Nazi.

New York Post melaporkan Jumat (3/8/2018), sekitar 450 orang menandatangani petisi di Change.org setelah melihat bendera itu di Rute 11 antara Preble dan Tully.

Dalam petisinya, mereka meminta pemerintah kota Preble untuk menurunkan bendera dengan lambang swastika dengan dasar merah dan putih itu.

Baca juga: Kedubes Polandia di Israel Dicoreti Simbol Swastika

"Bendera yang dikibarkan juga punya salib di ujung kiri, dan merupakan satu dari tujuh variasi Reichskriegsflagge," demikian bunyi petisi itu.

Supervisor Preble, Jim Doring, mengatakan dia sudah mengetahuinya. Bahkan, dia telah mengunjungi orang yang mengibarkannya, Jody Fish.

Kepada Doring, Fish menuturkan bahwa dia bukanlah Nazi. Dia mengibarkan bendera itu karena sedang cekcok dengan tetangganya.

Dia mengaku peralatannya diretas oleh salah seorang tetangganya. Namun tak ada yang mengaku hingga dia memutuskan mengibarkan bendera kontroversial itu.

"Ini adalah panggilan minta tolong. Jadi saya bisa meminta bantuan orang agar peretas tak bisa melakukan aksinya," kata Fish.

Jika ada yang merasa terganggu, para pengguna jalan bisa langsung menanyakan maksudnya kepada Fish, yang kemudian bakal dijawab dengan kisahnya itu.

Doring menyatakan, Fish sempat berujar dia bersedia untuk menurunkan bendera itu jika Doring memerintahkannya.

Namun, Doring menolak dengan alasan dia bukanlah orang yang punya otoritas untuk menurunkan bendera.

Dia kemudian menghubungi Perusahaan Listrik Nasional hingga jaksa kota karena bendera itu dipasang di tiang listrik.

Mereka memberi jawaban meski bendera itu kontroversial, Fish tidak melanggar hukum karena dia memasangnya di tanah pribadinya.

Baca juga: Pengunjung Penjara Ditandai Pakai Cap Swastika Nazi, Sipir Pun Dipecat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com