Kompas.com - 03/08/2018, 16:14 WIB

WELLINGTON, KOMPAS.com - Seorang pendaki dapat diselamatkan setelah sempat terjebak selama lima hari di tengah cuaca dingin dan membeku di sebuah gunung di Selandia Baru.

Terry Harch, seorang tentara Australia berusia 29 tahun yang sedang cuti, memulai pendakian Gunung Aspiring pada Jumat (27/7/2018). Dia terjebak  dan baru ditemukan setelah hampir pada batas ketahanannya.

Tim penyelamat menyebut Harch cukup beruntung karena dia diyakini tidak akan dapat bertahan melewati satu malam lagi di tengah gunung.

Melansir dari AFP, Harch mulai mengaktifkan suar tanda bahayanya pada Senin (30/7/2018), saat di mana dia dijadwalkan sudah turun dari gunung.

Baca juga: 1.226 Pendaki Telah Dievakuasi dari Gunung Rinjani

Sinyal dari alat pemancar itu ditangkap oleh seseorang di Texas, AS, dan diteruskan ke otoritas penyelamat di Selandia Baru.

Tim penyelamat dapat mencapai lokasi Harch, Kamis (2/8/2018) malam dengan membawa baju hangat, tenda dan makanan.

Mereka menunggu cuaca membaik sebelum melanjutkan membawanya ke tempat yang lebih aman.

Salju terus turun dalam beberapa hari terakhir di wilayah tempat Harch terjebak. Hembusan angin dingin juga telah membuat suhu udara turun hingga minus 16 derajat Celsius. Belum lagi risiko terjadinya salju longsor cukup tinggi.

"Ini hasil yang bagus karena kami tidak ingin pendaki itu menghabiskan satu malam lagi di gunung. Sekarang tujuan kami adalah membawanya ke rumah sakit untuk segera mendapat perawatan," kata koordinator penyelamat senior, Neville Blakemore.

Pilot helikopter penyelamat, Sean Mullally mengatakan saat awal misi penyelamatan menyisir wilayah gunung pihaknya belum melihat tanda-tanda dari Harch.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.