Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dicas Tujuh Jam Lebih, Skuter Listrik Terbakar di Dalam Rumah

Kompas.com - 02/08/2018, 21:47 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

BEIJING, KOMPAS.com - Sebuah skuter listrik milik penghuni sebuah apartemen di ibu kota China mendadak terbakar setelah dicas selama lebih dari tujuh jam.

Diberitakan Beijing Morning Post, insiden yang mengejutkan penghuni apartemen itu terjadi pada Minggu (29/7/2018) lalu.

Dalam video yang terekam oleh kamera pengawas apartemen, tampak seorang pria, yang merupakan suami dari pemilik skuter, Zhao, dan putri mereka tengah bersantai di ruang keluarga saat mendadak mereka dikejutkan suara keras yang muncul dari skuter.

Terkejut dengan suara ledakan, suami Zhao segera mencabut kabel pengisian daya skuter. Namun sedetik kemudian asap keluar dari kotak baterai skuter dan seketika langsung berubah menjadi api yang membakar seisi ruangan apartemen.

Baca juga: Tinggalkan Baterai Skuter dalam Keadaan Dicas, Toko Habis Terbakar

Beruntung suami Zhao sempat menyelamatkan diri sambil menggendong putrinya keluar dari ruangan sebelum api membesar.

Dengan bantuan petugas keamanan dan staf manajemen gedung, api dapat dipadamkan dengan segera sebelum semakin membesar dan membakar ruang apartemen lain.

Dikatakan Zhao, skuter tersebut baru dibelinya secara online dua minggu sebelum kejadian. Dia bahkan mengaku baru pertama kali itu mengisi daya baterai skuter tersebut.

"Kata orang yang menjual, skuter itu harus dicas selama enam hingga 12 jam untuk kembali penuh," kata Zhou dilansir SCMP.

Zhou mengaku langsung menghubungi pihak penjual sesaat setelah kejadian tersebut, namun dirinya justru dialihkan untuk menghubungi perusahaan pembuat skuter, Shengte, yang berada di provinsi Zhejiang.

Penjual skuter mengaku dia mendapatkan barang dagangannya dari toko online resmi milik Shengte, namun perusahaan tersebut masih akan mengkonfirmasi apakah skuter yang bermasalah adalah produksi mereka.

Perusahaan juga masih menyelidiki penyebab insiden, apakah karena kecacatan pada saat perakitan ataukah karena kesalahan dalam penggunaan.

Sementara Zhao telah mengajukan komplain ke komite konsumen yang terletak di provinsi Zhejiang, tempat produsen skuter itu berada.

Baca juga: Ponsel yang Dicas Meledak Saat Dipakai Ngobrol, Gadis Ini Tewas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com