Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayah dan Anak Nyaris Celaka saat Eskalator di Mal Mendadak Rusak

Kompas.com - 02/08/2018, 18:48 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

XUANCHENG, KOMPAS.com - Eskalator di salah satu supermarket di China timur mendadak rusak, tepat saat sepasang ayah dan anak melangkah menjauhi tangga, nyaris mencelakai keduanya.

Dalam rekaman video yang diambil melalui kamera pengawas di atas eskalator, tampak bagaimana ayah dan anak itu nyaris terluka saat panel-panel anak tangga dari eskalator tiba-tiba macet dan bertumpuk di bagian atas.

Diberitakan Beijing News, insiden itu terjadi di sebuah supermarket di kota Xuancheng, provinsi Anhui, pada Sabtu (29/7/2018) malam sekitar pukul 20.00 waktu setempat.

Panel-panel anak tangga itu mulai terlepas dan saling bertumpuk di bagian atas eskalator sebelum akhirnya dapat dihentikan petugas dengan menekan tombol darurat pada eskalator.

Baca juga: Tangan Terjepit di Eskalator Mal, Gadis Kecil Kehilangan Dua Jarinya

Menurut Biro Supervisi Pasar Xuancheng yang menyelidiki insiden tersebut menemukan bahwa kerusakan eskalator disebab oleh sebuah kunci yang tersangkut di bagian rel dan menyebabkan rol karet penggerak robek dan akhirnya putus.

Namun karena mesin yang masih berputar, panel anak tangga menjadi bertumpuk di salah satu ujung eskalator.

Otoritas setempat menegaskan bahwa mereka telah memperketat inspeksi keamanan saat memeriksa mesin eskalator lainnya, menyusul terjadinya insiden tersebut.

Melansir Daily Mail, eskalator kerap kali justru menimbulkan bahaya keselamatan di China, dengan malfungsi yang menimbulkan korban luka bahkan terkadang hingga merenggut korban jiwa.

Beberapa hari sebelumnya, seorang anak perempuan balita berusia satu tahun nyaris kehilangan tangan kanannya setelah tersangkut di eskalator di supermarket Herun Wanjia di Yongzhou, provinsi Hunan.

Pada Juli 2015, seorang perempuan tewas setelah terjatuh dari eskalator melalui panel yang terlepas di sebuah mal di Jingzhou, provinsi Hubei.

Baca juga: Bayi 10 Bulan Jatuh dari Gendongan Ibu saat Naik Eskalator

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com