Kompas.com - 02/08/2018, 14:36 WIB

KOMPAS.com - Hari ini 84 tahun yang lalu, tepatnya 2 Agustus 1934 Adolf Hitler terpilih menjadi kepala negara sekaligus kepala pemerintahan Jerman.

Ketika Presiden Paul von Hindenburg meninggal dunia, kabinet Jerman kemudian mengesahkan "Undang-unang Jabatan Negara Tertinggi Reich".

Melalui peraturan baru ini maka jabatan presiden dan kanselir akan dipegang oleh satu orang, tidak terpisah seperti selama ini.

Adolf Hitler yang ketika itu menjadi kanselir akhirnya mendapatkan mandat sebagai kepala negara.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Eva Braun, Pengantin di Akhir Hayat Adolf Hitler

Penunjukkan ini membuat Hitler kemudian mendapat julukan Fuhrer (pemimpin) absolut Jerman.

Adolf Hitler lahir pada 20 April 1889 di Braunau, Austria, sebuah kota kecil di tepian Sungai Inn.

Ayahnya, Alois Hitler adalah seorang pegawai kantor bea cukai, sedangkan ibunya Klara  merupakan perempuan keturunan Yahudi.

Masa kecil Hitler amat buruk karena kerap disiksa ayahnya dan kerap dihina kawan-kawannya. Namun, masa kecil yang tidak bahagia ini justru menjadikan Hitler menjadi pribadi berkarakter kuat.

Hitler juga berkali-kali mengikuti orangtuanya berpindah-pindah dari Austria ke Jerman.

Ketika berada di kota Lambach, Austria, Hitler mulai tertarik pada pada ukiran swastika di sebuah biara Katolik. Lambang swastika itulah yang nantinya diadopsi menjadi lambang Partai Nazi.

Setelah dewasa, Hitler menunjukan ketertarikan pada seni lukis. Namun, Alois tak setuju jika putranya memilih karier sebagai seorang seniman.

Pada 1903, Alois meninggal dunia, disusul Klada pada Desember 1904. Sepeninggal kedua orangtuanya, Hitler bekerja sebagai buruh kasar dan pelukis cat air untuk bertahan hidup.

Baca juga: Mengaku Cucu Adolf Hitler, Tukang Ledeng Perancis Jalani Tes DNA

Pada 1913, Hitler akhirnya menetap di Munich, Jerman. Ketika Perang Dunia I meletus, usianya baru 25 tahun dan dia memilih bergabung dengan militer.

Di kemiliteran, Hitler bertugas sebagai opsir pengantar pesan pasukan infanteri Resimen Bavaria XVI.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.