Ikut Tips Kesehatan yang Sedang Viral, Seorang Pria Malah Tewas - Kompas.com

Ikut Tips Kesehatan yang Sedang Viral, Seorang Pria Malah Tewas

Kompas.com - 01/08/2018, 13:43 WIB
IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

HARBIN, KOMPAS.com - Seorang pria di Harbin, China, tewas terkena serangan jantung setelah mengikuti tips kesehatan yang sedang viral di internet.

Dilaporkan Oddity Central Selasa (31/7/2018), awalnya Zhou Xin melihat "broadcast" bahwa kotanya bakal mengalami "tiga hari terpanas di 2018 ini".

Dalam berita viral yang dilihatnya, serangan panas itu berdampak pengobatan jantung tidak hanya sia-sia, namun juga berbahaya buat kesehatan.

Baca juga: Serangan Jantung, Anggota TNI Gugur Saat Latihan Fisik di Lebanon

Setelah melihat unggahan itu, Zhou yang menderita penyakit kronis tersebut langsung memutuskan tak mengonsumsi obatnya pada 17 Juli.

Pria 58 tahun itu dilaporkan tidak berkonsultasi dengan dokternya tatkala berhenti mengonsumsi obat hariannya.

Tiga hari berlalu, segalanya nampak baik-baik saja hingga dia sedang makan malam bersama teman Kamis pekan lalu (26/7/2018).

Zhou mengeluh sakit di dadanya dan kemudian kolaps ke lantai. Dia segera dilarikan ke rumah sakit. Sayangnya, dokter menyatakan dia tewas karena serangan jantung.

Xu Shanshan, Wakil Direktur Departemen Gawat Darurat Rumah Sakit Pertama Harbin berujar, Zhou jadi korban berita viral "tiga hari terpanas" yang ternyata hoaks.

Zhou bukan pertama. Xu menjelaskan pada pekan lalu, dia juga menerima tiga pasien penyakit jantung yang mengikuti rumor itu.

"Ketiga pasien itu meninggal akibat infark miokardial akut ketika saya sedang bertugas malam," kata Xu dikutip Sinchew News.

Dia menegaskan orang yang mempunyai penyakit jantung harus rajin mengonsumsi obatnya saat panas karena risiko terserang jauh lebih besar.

"Siapapun yang menderita harus terus minum obat, dan dilarang menghentikannya tanpa konsultasi dengan dokter," tukasnya.

Baca juga: Di China, Demam Piala Dunia Picu Serangan Jantung hingga Kecelakaan


Komentar
Close Ads X