Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Jatuh di Meksiko, Seluruh Penumpang dan Kru Selamat

Kompas.com - 01/08/2018, 07:33 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

DURANGO, KOMPAS.com - Sebuah pesawat jatuh di bagian utara Meksiko pada Selasa (31/7/2018) usai lepas landas akibat badai hujan es sehingga menyebabkan badan pesawat terbakar.

Pesawat milik maskapai Aeromexico itu mencoba untuk lepas landas di tengah badai hujan es. Kemudian, pesawat terpaksa harus melakukan pendaratan darurat di tanah lapang sekitar 10 km dari bandara Durango.

"Api mulai muncul setelah pendaratan darurat. Beruntung tak ada yang menderita luka bakar," kata juru bicara pertahanan sipil Durango, Alejandro Cardoza, kepada Milenio seperti dikutp AFP.

Baca juga: Pesawat Jatuh di Gunung Alpen, 4 Orang Tewas

Gubernur negara bagian Durango, Jose Rosas, mengonfirmasi tidak ada korban tewas dalam penerbangan tersebut.

Pejabat maskapai Aeromexico menyatakan, pesawat mengangkut 97 penumpang dan empat kru.

ABC News melaporkan, sebanyak 85 orang terluka dalam peristiwa itu. Juru bicara perlindungan sipil negara bagian Durango, Fernando Rios, mengatakan dua orang yang terluka berada dalam kondisi kritis.

Diwartakan CNN, Aeromexico dijadwalkan terbang dari Durango ke Mexico City. Insiden kecelakaan terjadi di dekat Bandara Internasional Guadalupa Victoria yang sekarang sedang ditutup.

"Prioritas utama kami untuk memastikan keamanan penumpang dan kru dalam pesawat," demikian pernyataan dari manajemen Aeromexico.

"Kami sedang fokus menghadapi situasi ini dan melakukan apa pun yang penting untuk membantu keluarga penumpang dan kru dalam masa sulit," imbuhnya.

Baca juga: Jenazah Bayi Terbungkus Tisu Ditemukan di Toilet Pesawat Air Asia

Sejumlah gambar dari lokasi kejadian yang beredar menunjukkan api dan kepulan asap membumbung dari badan pesawat di tanah, di antara semak dan belukar.

Petugas penyelamat, petugas pemadam kebakaran, dan mobil pemadam kebakaran juga terekam berada di sekitar lokasi.

Laporan dari media setempat menunjukkan beberapa penumpang yang selamat sempat berjalan menuju jalan raya terdekat untuk mencari bantuan.

Presiden Meksiko Enrique Nieto berharap semua penumpang dan kru akan segera membaik.

"Saya berdoa semua krus dan penumpang baik-baik saja," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com