Kompas.com - 31/07/2018, 17:06 WIB
|

KABUL, KOMPAS.com - Sebuah bom rakitan yang dipasang di tepian jalan menghantam sebuah bus penuh penumpang di wilayah barat Afghanistan yang bergolak, Selasa (31/7/2018).

Akibatnya, 11 orang tewas dan 40 lainnya yang terutama perempuan serta anak-anak mengalami luka-luka.

"Bom itu dipasang Taliban untuk menghantam pasukan keamanan tetapi malah dilindas bus dan meledak," kata juru bicara kepolisian provinsi Farah, Muhibullah Muhib.

Baca juga: Bom Pinggir Jalan Tewaskan 13 Warga Sipil Afganistan

Sejauh ini belum diperoleh pernyataan dari Taliban terkait ledakan bom di pinggir jalan itu.

Bus naas itu berangkat dari kota Herat di wilatah barat Afghanistan menuju ke ibu kota Kabul.

"Ledakan terjadi saat bus melintas di distrik Bala Balik di provinsi Farah pada pukul 04.30," kata juru bicara pemerintah provinsi Farah, Naser Mehri.

Sebagian besar puluhan korban luka adalah warga etnis Hazara yang merupakan pemeluk Syiah. Mereka kini sudah dirawat di sebuah rumah sakit di Herat.

Salah satu korban luka adalah Mohammad Zahir (40) yang bepergian dengan putrinya yang baru saja menikah untuk mengunjungi keluarga di Kabul.

"Bus melaju di jalanan utama saat saya mendengar ledakan keras. Saat saya terbangun, saya sudah berada di rumah sakit. Saya belum tahu nasib putri saya," kata Zahir.

Baca juga: Bom Pinggir Jalan Tewaskan Dua Tentara Afganistan

Taliban, kelompok militan terbesar di Afghanistan, amat aktif di kawasanini dan kerap menggunakan bom rakitan untuk menyerang pasukan pemerintah atau koalisi.

Sepanjang paruh pertama 2018, bom rakitan semacam ini sudah menewaskan 232 warga sipil dan melukai 645 orang lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Al Arabiya


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.