Kompas.com - 31/07/2018, 10:22 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com - Korea Utara (Korut) dilaporkan kembali mengerjakan rudal balistik secara diam-diam.

Kabar itu dihembuskan seorng pejabat anonim Amerika Serikat (AS) kepada Washington Post via BBC Selasa (31/7/2018).

Baca juga: Berlindung dari Rudal Korut, Jepang Beli Sistem Radar Bikinan AS

Dalam laporan tersebut, Korut mengerjakan satu atau dua rudal balistik antar-benua (ICBM) di fasilitas Sanumdong dekat Pyongyang.

Fasilitas itu merupakan tempat di mana Korut memproduksi ICBM Hwasong-15 yang diklaim mampu menjangkau daratan utama AS.

Sementara Reuters memberitakan dari citra satelit, terlihat kendaraan lalu-lalang, namun tidak tampak adanya pembangunan rudal.

"Kami masih belum tahu sampai di mana pembangunan rudal tersebut," kata pejabat AS itu seperti dilansir Reuters via BBC.

Laporan dari The Post dan Reuters bukan kali pertama bahwa Korut terus melanjutkan program persenjataannya.

Pada akhir Juni, laporan dari intelijen yang bocor menyatakan Pyongyang masih terus menjalankan pabrik pengayaan uranium yang menjadi bahan bakar nuklir.

Pekan lalu, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo memberi tahu Senat bahwa pabrik Korut terus memproduksi material fisil untuk membuat senjata nuklir.

Laporan tersebut dilaporkan BBC menimbulkan keraguan akan dampak nyata dalam pertemuan Presiden Donald Trump dan Pemimpin Korut Kim Jong Un di Singapura, 12 Juni lalu.

Dalam pertemuan itu, Kim sepakat untuk melakukan denuklirisasi yang kemudian dibalas Trump dengan menangguhkan latihan militer AS dengan Korea Selatan (Korsel).

Di Washington, Trump panen kritikan karena dia memberi terlalu banyak kelonggaran tanpa mendapatkan komitmen konkret dari Kim.

Baca juga: Balas Uji Coba Bom Korut, Korsel Tembakkan Rudal Balistik Hyunmoo

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BBC
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.