Kompas.com - 27/07/2018, 13:21 WIB
|

ATHENA, KOMPAS.com - Pemerintah Yunani, Kamis (26/7/2018), mengatakan, terdapat indikasi serius kebakaran hutan yang terjadi di dekat kawasan wisata di dekat Athena adalah kesengajaan.

Menteri Ketertiban Umum Nikos Toskas mengatakan, analisa citra satelit dua kebakaran yang terjadi pada Senin lalu di kedua sisi kota Mati itu mengindikasikan adanya kesengajaan.

"Kami mendapatkan indikasi serius dan temuan signifikan kebakaran hutan ini merupakan sebuah tindak kriminal," kata Toskas.

Baca juga: Kebakaran di Yunani Tewaskan 74 Orang, Pejabat KBRI Athena Bergerak

Toskas belum memberikan rincian soal dugaan ini tetapi menegaskan aparat penegak hukum sedang melakukan investigasi terkait berbagai bukti yang ditemukan.

Sudah sering kebakaran yang terjadi di dekat kawasan permukiman penduduk di Yunani sengaja dilakukan untuk mengembangkan lahan pembangunan.

Meski demikian amat jarang polisi menangkap tersangka pelaku pembakaran hutan semacam ini.

Sementara itu, jumlah korban tewas akibat kebakaran hutan ini mencapai 82 orang dan tim penyelamat masih meneruskan pencarian korban baik di reruntuhan bangunan maupun di laut.

Tim penyelamat mencoba mencari korban di laut yang menjadi tempat ratusan warga melarikan diri dari kepungan api.

Sebagian besar korban ditemukan di Mati, kota yang berjarak 30 kilometer sebelat timur Athena.

Kota kecil ini dikenal sebagai daerah tujuan wisata berpenduduk pensiunan yang menyewakan rumah atau apartemen mereka bagi para pelancong.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber SCMP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.