Kompas.com - 26/07/2018, 23:54 WIB

DOHA, KOMPAS.com - Perwakilan AS untuk Asia Selatan telah bertemu dengan pejabat Taliban di Qatar guna membahas perdamaian Afghanistan. Demikian dilaporkan Wall Street Journal pada Kamis (26/7/2018).

Dialnsir dari AFP, Pejabat senior Biro Departemen Dalam Negeri untuk Urusan Asia Selatan dan Tengah, Alice Wells bertemu dengan perwakilan dari Taliban pada pekan ini dalam upaya mencari jalan menuju pengakhiran konflik Afghanistan yang telah berlangsung selama 17 tahun.

Departemen Luar Negeri AS tidak langsung mengkonfirmasi laporan tersebut, namun mencatat bahwa Wella benar telah berada di Doha pekan ini di mana dia bertemu dengan pejabat Qatar.

Baca juga: AS Siap Bertemu Langsung dengan Taliban

"Wells di Doha untuk membahas perkembangan terkini terkair proses perdamaian Afghanistan," kata Departemen Luar Negeri dalam pernyataannya.

Namun mereka mengungkapkan tidak adanya pertemuan lain yang dilangsungkan "saat ini" dan mengatakan AS sedang menjajaki segala cara untuk memajukan proses perdamaian dalam perundingan erat dengan pemerintah Afghanistan.

"Duta besar Wells menyambut baik kerja sama yang membangun dan dedikasi pemerintah Qatar terhadap Afghanistan, serta mengapresiasi AS atas upaya mencapai resolusi damai untuk mengakhiri konflik," lanjut pernyataan departemen.

Sementara, mengutip para pejabat AS, pembicaraan di Doha sepenuhnya melibatkan pemerintah Afghanistan, seperti yang ditekankan AS selama ini agar setiap proses perdamaian melibatkan Afghanistan.

Sebelumnya, pekan lalu para pejabat AS membantah kabar yang menyebutkan rencana pertemuan dengan Taliban, yang telah mendirikan kantor politik di Qatar sebagai kedutaan besar de facto.

Baca juga: Menlu AS Desak Pembicaraan Damai Afghanistan dengan Taliban

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.