Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Temui Senat Italia, Komisi I DPR RI Suarakan Pembebasan Visa Kunjungan

Kompas.com - 25/07/2018, 05:47 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

ROMA, KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya sejak Pemilu 4 Meret 2018, Senat Italia menerima mitra asing, yakni perwakilan Komisi I DPR RI.

Delegasi Indonesia tersebut bertemu dengan Komisi Hubungan Luar Negeri dan Imigrasi Senat Italia di Roma, pada Selasa (24/7/2018) waktu setempat. 

Rombongan Komisi I DPR RI dipimpin Ketua Komisi I, Abdul Kharis Almasyhari dari Fraksi PKS.

Bersama Abdul Kharis, ada tiga anggota DPR, yakni Evita Nursanty (F-PDIP), Dave Akbarshah Fikarno (F-PG), dan Hidayat Nur Wahid (F-PKS/Wakil Ketua MPR).

Baca juga: Turis Indonesia Bebas Visa, Ini 5 Pilihan Obyek Wisata di India

Mereka bertemu dengan Presiden Komisi Luar Negeri Senat Italia, Vito Petrocelli dari Partai M5S, yang didampingi 10 anggota lain mewakili seluruh fraksi dalam Senat Italia.

Dalam pertemuan itu, seperti tertuang dalam siaran pers KBRI Roma yang diterima Kompas.com, kedua lembaga sepakat untuk mendorong hubungan antarmasyarakat kedua negara.

Hal itu diharapkan terwujud dalam fasilitas bebas visa kunjungan wisata bagi warga negara Indonesia yang hendak ke Italia.

Senat Italia berjanji akan mendukung upaya pembebasan visa tersebut, dengan membawanya dalam pembahasan dengan Pemerintah Italia.

Baca juga: Asyik, Kini Turis Indonesia Bebas Visa 30 Hari ke Uzbekistan

Komisi I DPR RI juga meminta kesinambungan dukungan Parlemen Italia atas kerjasama ekspor minyak sawit Indonesia ke Italia.

Menanggapi hal tersebut, Senat Italia menyatakan akan memberikan dukungan dengan pertimbangan dalam aspek lingkungan. 

Selanjutnya, peningkatan kerja sama bilateral di berbagai bidang juga menjadi perhatian Senat Italia utamanya terkait perdagangan antara kedua negara yang berlandaskan asas fair treatment.

Selain itu, kerja sama sektor pertahanan, pengembangan pariwisata dan pelestarian cagar budaya juga akan didorong untuk semakin dioptimalkan.

Pertemuan yang berlangsung dengan akrab tersebut dilaksanakan dalam bahasa Indonesia dan Italia dengan bantuan penterjemahan KBRI Roma, Agustinus Gaut.

Baca juga: Tahun Ini Korea Selatan Beri Bebas Visa untuk Indonesia tapi...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com