Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korsel Berencana Kurangi Pasukan di Perbatasan Korut

Kompas.com - 24/07/2018, 16:34 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Selatan (Korsel) dilaporkan berencana mengurangi pasukannya di kawasan perbatasan dengan Korea Utara (Korut).

Langkah itu diambil setelah pertemuan Pemimpin Korut Kim Jong Un dengan Presiden Korsel Moon Jae In di Panmunjom, 27 April lalu.

Dilansir AFP Selasa (24/7/2018), Kementerian Pertahanan mengatakan mereka berencana menarik sejumlah personel dan peralatan sebagai uji coba.

Baca juga: Korsel-Korut Bakal Bahas Penghapusan Pasukan di Zona Demiliterisasi

Dalam laporan kepada parlemen, kemenhan Korsel nantinya bakal mempercepat proses penarikan pasukan skala besar dari zona demiliterisasi.

"Selain itu, kami juga berencana melakukan penelitian sisa sejarah dan survei ekologi di sana," demikian laporan kemenhan.

Sejak Perang Korea 1950-1953 berakhir dengan gencatan senjata, zona demiliterisasi berfungsi sebagai daerah penyangga.

Namun, dalam pertemuan 27 April, Kim dan Moon sepakat menjadikan kawasan perbatasan itu menjadi "zona damai" dan menghentikan segala bentuk provokasi.

Penarikan personel dan persenjataan juga bakal dilaksanakan di Area Keamanan Gabungan (JSA) dengan berlandaskan "semangat gencatan senjata".

Setelah bertemu dengan Moon, Kim bertatap muka dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Hotel Capella, Singapura.

Dalam pertemuan yang terjadi pada 12 Juni lalu itu, Kim sepakat untuk menggelar denuklirisasi total di Semenanjung Korea.

Selain itu, Korut dan AS bakal bekerja sama untuk memulangkan kerangka pasukan AS yang tewas dalam Perang Korea.

Baca juga: Militer Korsel Tembaki Pasukan Korut yang Melintasi Zona Demiliterisasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com