Kompas.com - 23/07/2018, 15:32 WIB

NEW JERSEY, KOMPAS.com - Jet tempur Angkatan Udara AS telah mencegat sebuah pesawat terbang yang memasuki kawasan larangan terbang di dekat lapangan golf milik Presiden Donald Trump di New Jersey.

Juru bicara Gedung Putih Lindsay Walters menyampaikan, insiden tersebut terjadi pada Sabtu (21/7/2018), dengan sebuah pesawat terbang bersayap rendah terdeteksi di sekitar lapangan golf pribadi Trump sekitar pukul 12.30 siang waktu setempat.

Melansir dari Fox News, Angkatan Udara AS kemudian mengirim satu jet tempur F-16 untuk telah mencegat pesawat tersebut dan mengawalnya menjauh dari wilayah udara terlarang.

Baca juga: Slowakia Beli 14 Unit Jet Tempur F-16 Buatan AS

"Pesawat itu telah dikawal untuk mendarat di bandara Sky Manor di Pittstown, New Jersey. Pilot pesawat tersebut telah ditanyai oleh petugas dan dianggap bukan sebagai ancaman," kata juru bicara Gedung Putih dalam pernyataannya.

Trump dan Melania tiba pada Jumat (20/7/2018) dan berakhir pekan di lapangan golf Bedminster, New Jersey sebelum kembali ke Gedung Putih pada Minggu (22/7/2018).

Walters mengatakan, misi pencegatan terhadap pesawat sipil tersebut telah dilakukan sesuai dengan praktik standar untuk kasus serupa.

Sejak terjadinya serangan teror ke gedung World Trade Center pada 11 September 2001, militer AS memberlakukan operasi militer yang dinamakan Operation Noble Eagle.

Selama hampir 17 tahun, Angkatan Udara AS telah mencegat hingga lebih dari 1.800 pesawat terbang nonmiliter.

Baca juga: Jet Tempur AS Cegat Bomber Rusia di Pesisir Alaska

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.