Kompas.com - 23/07/2018, 12:12 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - China tengah mengembangkan sebuah teknologi kapal selam nirawak yang akan dilengkapi dengan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Kapal selam tanpa awak tersebut direncanakan bakal siap beroperasi pada 2020-an.

Nantinya kapal selam akan ditujukan untuk berbagai misi, mulai dari pengintaian, pemasangan ranjau atau bahkan misi peledakan diri untuk menghancurkan kapal musuh.

Meskipun didesain sebagai kapal selam otonomatis, namun ukuran kapal selam canggih ini akan berukuran cukup besar dan dengan biaya produksi yang relatif murah.

"Meskipun tidak sampai menggantikan kapal selam yang dioperasikan manusia, namun kapal selam tanpa awak ini bakal menantang lokasi-lokasi strategis yang ditetapkan angkatan laut Barat usai Perang Dunia II."

Baca juga: Hacker China Diduga Curi Data Misil Supersonik Kapal Selam AS

"Kapal selam ini akan ditujukan terutama untuk pasukan AS di perairan strategis seperti Laut China Selatan dan Samudera Pasifik barat," kata para peneliti yang terlibat dalam proyek ini.

Melansir dari SCMP, proyek kapal selam dengan AI ini merupakan bagian dari rencana ambisius China untuk meningkatkan kekuatan angkatan lautnya.

Teknologi Masa Depan

Sebelumnya, China telah membangun fasilitas pengujuan terbesar untuk kapal nirawak di Zhuhai, Provinsi Guangdong.

Selain itu, peneliti militer juga tengah mengembangkan sistem pendukung bantuan AI untuk komandan kapal selam yang bakal membantu kapten mengambil keputusan dengan lebih cepat dan akurat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber SCMP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.