Kompas.com - 23/07/2018, 11:28 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump melontarkan ancaman kepada Presiden Iran Hassan Rouhani.

Dilansir AFP Senin (23/7/2018), dalam kicauannya di Twitter menggunakan huruf kapital, Trump berkata kepada Rouhani untuk berhenti mengancam AS.

Baca juga: Rouhani Sebut Konflik dengan Iran Bisa Menjadi Sumber Segala Perang

"Jangan pernah mengancam AS lagi, atau Anda bakal menanggung akibatnya seperti yang sudah diderita negara lain," tutur Trump.

"Kami bukan negara yang bakal tunduk dengan setiap kata-kata Anda yang kasar dan penuh kekerasan. Berhati-hatilah," lanjutnya.

Ucapan presiden ke-45 AS itu menanggapi perkataan Rouhani yang mengancam AS dengan menganalogikan "tidak bermain-main dengan ekor singa".

Rouhani menyikapi rencana AS untuk memberikan sanksi ekonomi dan bertujuan memangkas ekspor minyak Iran hingga nol.

"Perdamaian dengan Iran akan melahirkan perdamaian bagi semuanya, sedangkan perang dengan Iran akan melahirkan perang bagi semuanya," tegas Rouhani.

Presiden Trump bahkan telah mendorong kepada negara-negara produsen minyak untuk meningkatkan produksinya, terutama Arab Saudi, agar dapat mengimbangi sanksi terhadap Iran.

Washington juga telah melancarkan upaya propaganda di Iran, termasuk kampanye media sosial yang ditujukan untuk memperuncing ketidakpuasan populer.

Baca juga: Trump Dinobatkan sebagai Tokoh Paling Dibenci oleh Iran

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.