Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/07/2018, 14:53 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com - Pemerintahan Militer Thailand berencana untuk mengendalikan secara ketat proses pembuatan film seputar drama penyelamatan tim sepak bola remaja yang sempat terjebak di goa.

Menteri Kebudayaan Thailand Vira Rojpochanarat mengatakan, pihaknya bakal mengajukan pembentukan komite khusus dalam rapat kabinet mendatang.

Komite khusus tersebut yang nantinya akan bertugas mengawasi proses produksi film, dokumenter maupun video yang berkaitan dengan kisah 12 anak-anak dan pelatih mereka yang terjebak di goa selama hampir tiga pekan.

Kisah penyelamatan yang melibatkan ratusan penyelam dari berbagai negara hingga tim angkatan laut Thailand itu sempat menyita perhatian dan menjadi tajuk utama media di dunia.

Baca juga: Pelatih Tim Sepak Bola Remaja Ungkap Alasan Masuk ke Dalam Goa

Operasi penyelamatan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Thailand tersebut berlangsung sukses dengan seluruh anak maupun pelatih dapat dikeluarkan dengan selamat dari dalam goa. Meskipun dalam prosesnya, seorang penyelam dari tim penyelamat meninggal dunia.

Dilansir dari SCMP, Departemen Perfilman Thailand telah mengeluarkan regulasi produksi film yang direkam oleh perusahaan asing. Regulasi tersebut bakal mengatur naskah hingga izin pembuatan film oleh perusahaan asing di Thailand.

Menteri Kebudayaan Thailand mengatakan bahwa komite khusus nantinya akan mengawasi konten, mengeluarkan perizinan hinga melindungi privasi anggota tim sepak bola dan keluarga mereka.

Menteri Vira mengatakan, setidaknya lima perusahaan film asing telah menunjukkan minatnya untuk membuat film atau dokumenter tentang kisah penyelamatan tersebut.

Beberapa perusahaan bahkan telah meninjau lokasi untuk mengumpulkan informasi.

"Tak hanya perusahaan film asing, produser film lokal Thailand juga telah menunjukkan minatnya, meski belum menghubungi pemerintah," kata Vira.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.