Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Pria Dikecam karena Buat Kucingnya Jadi Vegetarian

Kompas.com - 19/07/2018, 15:15 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

GOLD COAST, KOMPAS.com - Seorang pria yang tinggal di Gold Coast, Australia, mendapat kecaman karena membuat kucingnya menjadi vegetarian.

Harry Bolman sudah menjadi vegetarian selama 38 tahun. Dia menularkan keyakinannya itu kepada kucingnya, Uma.

Diwartakan Oddity Central Rabu (18/7/2018), Bolman memberi makan kucing berumur lima tahun itu dengan sayuran maupun makanan kucing vegetarian.

Baca juga: Ketahuan Jual Daging Kucing, Pria Kenya Dikirim ke Penjara

Pria 53 tahun itu berkata, Uma bukan hewan pertama yang dipeliharanya. Dia juga pernah memelihara dua ekor anjing yang juga vegetarian.

"Anjing saya hidup hingga 18 tahun, dan hampir selama hidupnya dia memakan makanan anjing khusus vegetarian," kata Bolman.

Ketika pertama kali mengadopsi Uma, Bolman berkata Uma bakal menjadi vegan sama seperti dirinya. Karena itu, dia tidak memberikan makanan kucing seperti ikan.

Dia mengklaim sejak Uma menjadi vegan, dia mempunyai daya tahan yang bagus, bulu yang berkilau, serta kondisinya sehat.

Dia memuji produk makanan kucing berbahan tanaman karena menjaga kesehatan kucingnya, dibanding olahan dari hewan lain.

Ketika dia mengunggah fakta bahwa kucingnya menjadi vegetarian, Bolman berujar dia mendapat banyak kecaman dari netizen.

Para warganet menuturkan bahwa dia telah melakukan kekerasan terhadap binatang dan sengaja membunuh kucingnya.

"Mereka tidak paham fakta sesungguhnya. Saya mendedikasikan hidup menyelamatkan Bumi dan binatang. Jelas saya tak akan menyakiti mereka," tegasnya.

Namun, Richard Gowan, dokter hewan dari Brisbane tidak sependapat dengan Bolman. Dia menyebut vegetarian tidak cocok untuk kucing.

Selain itu, dia prihatin karena Bolman begitu minim dalam melakukan riset yang berujung kepada keputusan memberi makanan vegetarian kepada kucing.

"Kami punya karyawan yang vegan. Namun, mereka jelas tidak akan menjadikan kucing mereka vegan seperti mereka," tegas Gowan.

Bolman bersikukuh apa yang dia lakukan terhadap Uma sudah tepat. Jadi, dia berencana terus memberi makanan vegan kepada Uma.

Baca juga: Dikira Suara Kucing, Warga Ternyata Temukan Bayi di Tumpukan Sampah di Pasar Minggu

"Yang penting, saya telah menyelamatkan hewan lain maupun Bumi ini," ujar supervisor produksi sebuah perusahaan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com