Kompas.com - 17/07/2018, 18:40 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump panen kecaman baik dari Partai Republik maupun Demokrat.

Kecaman itu terjadi setelah dia melangsungkan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Helsinki, Finlandia, Senin (16/7/2018).

Dalam konferensi pers bersama, Trump berkata dia percaya dengan pembelaan Putin bahwa Rusia tidak mengintervensi Pemilihan Presiden 2016.

Baca juga: 4 Hal yang Diungkap Trump dan Putin dalam KTT di Helsinki

Di Washington, Penasihat Khusus Robert Mueller menyatakan ada 12 perwira intelijen Rusia yang sengaja mencampuri pilpres.

"Saya tidak punya alasan untuk tak percaya. Presiden Putin menunjukkan karakter kuat dalam pembelaannya," tutur Trump.

Ketika ditanya apakah dia lebih percaya Putin daripada badan intelijen maupun penegak hukumnya sendiri, Trump bergumam tak jelas untuk mengganti topik.

"Saya mengalahkan Hillary Clinton secara adil. Kami melakukan kampanye yang brilian. Karena itu saya menjadi presiden," tegas Trump.

Dilansir The Guardian, komentar Trump menuai reaksi dari mantan direktur Badan Intelijen Pusat (CIA), John Brennan.

Di akun Twitter-nya, Brennan menulis konferensi pers Trump bukan lagi dikategorikan sebagai pelanggaran berat atau ringan.

"Ini sudah masuk ranah pengkhianatan. Tidak saja karena komentar tololnya. Namun Trump sudah dikuasai Putin," kecam Brennan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.