Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buntut Skandal Jual Bayi, Semua Panti Asuhan Bunda Teresa di India Diperiksa

Kompas.com - 17/07/2018, 14:32 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

NEW DELHI, KOMPAS.com - Pemerintah India meminta inspeksi segera terhadap seluruh panti asuhan yang didirikan oleh tokoh peraih Nobel Perdamaian, Bunda Teresa.

Diwartakan AFP, Selasa (17/7/2018), pemeriksaan tersebut dilakukan menyusul penangkapan seorang biarawati atas tuduhan penjualan bayi.

Pada awal bulan ini, polisi India menahan seorang biarawati dan pekerja di salah satu panti asuhan organisasi Misionaris Cinta Kasih di Ranchi, ibu kota negara bagian Jharkand.

Penangkapan mereka terkait dengan tudingan penjualan lima balita yang bernilai ratusan ribu rupee.

Baca juga: Lembaga Amal Bunda Teresa Sesalkan Biarawati yang Diduga Jual Bayi

Menteri Perkembangan Perempuan dan Anak India Maneka Gandhi mengatakan, pemeriksaan tersebut diserahkan kepada pemerintah negara bagian.

"Pusat telah menginstruksikan semua negara bagian agar panti asuhan yang dikelola oleh Misionaris Cinta Kasih di seluruh negeri diperiksa segera," katanya, seperti dikutip dari India Today.

Dia juga meminta seluruh institusi pengasuhan anak harus terdaftar dan terhubung dengan otoritas pusat adopsi hingga bulan depan.

Adopsi ilegal merupakan bisnis besar di India, dengan lebih dari 100.000 anak yang dilaporkan hilang setiap tahun. Banyak bayi yang diserahkan oleh orangtua dari keluarga sangat miskin.

Selain itu, banyak juga yang diculik dari rumah sakit dan stasiun kereta api.

Pada Desember tahun lalu, Mahkamah Agung memerintahkan pendaftaran wajib bagi semua lembaga pengasuhan anak dan pengelolaan asuh anak-anak yatim piatu di bawah sistem adopsi pusat.

Baca juga: Karyawan Lembaga Amal Bunda Teresa di India Terlibat Penjualan Bayi

Sejak perintah tersebut, sekitar 2.300 lembaga pengasuhan anak telah terhubung dengan otoritas adopsi pusat. Namun sekitar 4.000 lembaga masih menunggu persetujuan.

Sebagai buntut dari skandal penjualan bayi, Misionaris Cinta Kasih memastikan insiden serupa tidak pernah terulang lagi.

Badan amal ini didirikan pada 1946 oleh Bunda Teresa. Dia merupakan simbol cinta kasih global yang dikanonisasi oleh Vatikan sebagai orang kudus, setelah kematiannya pada 1997.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com