Kompas.com - 16/07/2018, 12:58 WIB
|

PORTLAND, KOMPAS.com - Seorang pilot helikopter Chinook sukses melakukan operasi penyelamatan spektakuler terhadap seorang pendaki yang terjebak di sebuah gunung di Oregon, Amerika Serikat.

Mengapa spektakuler? Karena sang pilot hanya mendaratkan "pantat" helikopter besar itu di lereng gunung tersebut sementara bagian depan sama sekali tidak berpijak alias melayang.

Manuver rumit yang disebut sebagai "pinnacle landing" itu dilakukan di lereng bersalju di ketinggian 11.000 kaki atau sekitar 3.300 meter dari permukaan laut.

Baca juga: Terjebak di Badai Salju Semalaman, Dua Pendaki Gunung Terselamatkan

Akibat sudut pendaratannya, maka  operasi ini menjadi  amat berbahaya bahkan bagi personel penyelamat sekalipun.

Sebab, sekali lagi akibat sudut pendaratannbya, maka baling-baling helikopter itu berputar hanya tepat di ketinggian dada para anggota tim SAR.

Alhasil, mereka harus merangkak mendaki lereng bersalju Gunung Hood untuk mencapai si pendaki yang awalnya hendak bunuh diri itu. Demikian dikabarkan stasiun televisi KOIN6 TV.

"Kami harus merangkak di bawah putaran baling-baling. Benar-benar tak bisa dipercaya, kami harus percaya pada kemampuan pilot mengendalikan helikopter," ujar Joshua Kruse, salah seorang anggota tim SAR.

Sebab, kesalahan kecil dari pilot bisa berakibat fatal terhadap anggota tim penyelamat.

Operasi penyelamatan ini terjadi pada Kamis (12/7/2018), ketika seorang pendaki asal Texas berusia 27 tahun menelepon dari puncak Gunung Hood.

Dia memberitahu sejumlah orang bahwa dia berencana mengonsumsi "obat-obatan"
 dan mati di puncak gunung itu.

Halaman:
Sumber Mirror
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.