Kompas.com - 16/07/2018, 07:58 WIB

HELSINKI, KOMPAS.com - Tak hanya Uni Eropa, Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyebut Uni Eropa, Rusia dan China sebagai "musuh" atau lawan.

Pernyataan itu dia sampaikan sebelum bertemu secara langsung dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pertemuan bersejarah, Minggu (15/7/2018).

AFP mewartakan, rencananya pertemuan akan berlangsung pada Senin (16/7/2018) di Helsinki, Finlandia.

Baca juga: Jelang Pertemuan Trump-Putin, Finlandia Larang Polisi Berlibur

Trump dan Putin diperkirakan akan membahas sejumlah isu strategis seperti Suriah, Ukraina, Ian, dan perlucutan senjata nuklir.

"Saya pikir kita punya banyak lawan. Saya pikir Uni Eropa adalah lawan, terkait apa yang mereka lakukan terhadap kita dalam perdagangan," katanya kepada CBS.

"Rusia adalah musuh dalam hal tertentu. China merupakan lawan secara ekonomi, tentu saja mereka musuh," katanya.

"Tapi itu tidak berarti mereka buruk. Itu tidak berarti apa pun. Itu berarti mereka kompetitif," imbuhnya.

Dalam kicauannya di Twitter, Trump mengungkapkan sedang berangkat menuju Helsinki dan menantikan pertemuan puncak dengan Putin.

Trump terbang ke Helsinki dari Skotlandia pada Minggu (15/7/2018).

Business Insider mencatat perang dagang antara China dan AS meningkat pada pekan lalu, setelah "Negeri Tirai Bambu" memberlakukan tarif balasan untuk produk pertanian AS senilai 34 miliar dollar AS atau Rp 488,6 triliun.

Adapun dengan Uni Eropa, Trump menggandakan seruannya bagi anggota NATO untuk mengucurkan lebih banyak uang.

"Dalam pengertian perdagangan, mereka benar-benar memanfaatkan kami dan banyak dari negara-negara itu ada di NATO," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.