Kompas.com - 13/07/2018, 18:12 WIB

CHIANG RAI, KOMPAS.com - Ibu salah seorang anggota tim sepak bola remaja Mu Pa (Wild Boar) Thailand yang dua pekan terjebak di goa mengaku telah memeluk putranya.

Dilaporkan Asia One Jumat (13/7/2018), ibu Prachak Sutham mengatakan dia telah diizinkan bertemu anaknya secara langsung.

Ibu dari remaja yang akrab disapa Note itu begitu senang karena dia bisa berbicara dan memeluk anaknya untuk pertama kalinya sejak mereka diselamatkan.

Baca juga: Tiga Penyintas Goa Dapat Status Warga Negara Thailand dalam 6 Bulan

"Anak saya baik-baik saja. Kata dokter dia diperbolehkan pulang pada pekan depan," kata ibu Note tersebut di Rumah Sakit Chiang Rai Prachanukroh.

Inspektur Departemen Kesehatan, Thongchai Lertwilairattapong berkata, ke-13 anggota tim itu menunjukkan perkembangan baik fisik maupun mental.

Dia mendapat informasi bahwa keluarga 12 remaja dan pelatih Ekapol Chanthawong itu telah diperbolehkan menjenguk mereka.

Namun, mereka diharuskan mengenakan masker wajah, dan mencuci tangan mereka baik sebelum maupun sesudah kunjungan.

"Anak-anak itu selamat setelah meminum air dari stalaktit maupun dinding Goa Tham Luang," kata seorang relawan penyelamat dikutip Reuters.

Kisah ke-12 remaja dan seorang pelatih yang terperangkap menjadi perhatian dunia, dan mengundang para relawan dari seluruh dunia untuk membantu.

Operasi untuk menyelamatkan 13 anggota Mu Pa itu pertama dilaksanakan pada Minggu (8/7/2018), dan sukses mengeluarkan empat remaja.

Kemudian dalam penyelamatan Senin (9/7/2018), mereka berhasil mengeluarkan empat lagi dengan puncaknya Rabu (10/7/2018), lima orang tersisa berhasil dikeluarkan.

Sayangnya, dalam operasi internasional itu, seorang relawan penyelam, Saman Kunan, tewas pada Jumat pekan lalu (6/7/2018).

Kunan yang merupakan eks anggota Angkatan Laut Thailand tewas karena diduga kekurangan oksigen ketika membantu tim sepak bola itu.

Baca juga: Tim Sepak Bola Remaja Thailand Dibius sebelum Dievakuasi Keluar dari Goa

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.